SARY, RIJDA ANGGITA (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN HABITS OF MIND SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER RIJDA ANGGITA SARY.pdf

Download (383kB)
[img] Text
ABSTRAK RIJDA ANGGITA SARY.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN RIJDA ANGGITA SARY.pdf

Download (617kB)
[img] Text
DAFTAT PUSTAKA RIJDA ANGGITA SARY.pdf

Download (525kB)
[img] Text
SKRIPSI RIJDA ANGGITA SARY_210710036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa juga disebabkan dengan rendahnya aspek afektif siswa yaitu habits of mind. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran inovatif yang mampu menstimulasi kemampuan berpikir kritis sekaligus membentuk kebiasaan berpikir yang positif pada siswa. Salah satu model pemebelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan habits of mind siswa melalui penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS) pada materi fungsi kuadrat. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Populasi pada penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sawang. Teknik pengambilan sampel tersebut menggunakan teknik purposive sampling, dimana sampel pada penelitian ini yaitu kelas X Ipas 2 yang terdiri dari 16 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas X Ipas 4 yang terdiri dari 16 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berpikir kritis matematis dan angket habits of mind. Pengujian hipotesis menggunakan uji non-parametric yaitu uji Mann-Whitney. Hasil analisis hipotesis kemampuan berpikir kritis matematis menunjukkan bahwa nilai asymptotic significance (2-tailed) sebesar yang berarti bahwa ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat peningkatan signifikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Sedangkan hasil pengujian hipotesis habits of mind siswa menunjukkan bahwa nilai asymptotic significance (2-tailed) sebesar yang berarti bahwa diterima dan ditolak. Sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat peningkatan signifikan habits of mind siswa. Tidak terdapatnya peningkatan habits of mind dikarenakan peneliti hanya menggunakan instrumen angket dan dalam waktu singkat untuk mengukur 16 indikator habits of mind yang ingin dimunculkan dan dikembangkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Rijda Anggita Sary
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:16
Last Modified: 11 Aug 2025 07:16
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13689

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by