Manurung, Fatimah (2025) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Efficacy Siswa. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (773kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[img] Text
SKRIPSI FATIMAH MANURUNG (210710062).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Fatimah Manurung: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Self-Efficacy Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy siswa disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional atau masih berfokus pada guru sehingga siswa tidak mampu memberikan ide-ide kreatif selama pembelajaran serta kurang percaya diri. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy siswa. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X MAS Ulumuddin. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kelas yang terpilih yaitu kelas X-C sebagai kelas kontrol dan kelas X-E sebagai kelas eksperimen. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket self-efficacy siswa. Pengujian hipotesis pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket self-efficacy menggunakan uji parametrik independent sample t-test berbantuan software SPSS versi 25 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis didapat nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis Sig. 2-tailed < 0,05 maka H_1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sedangkan hasil uji hipotesis angket self-efficacy didapat nilai Asymp Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis Asymp Sig. 2-tailed < 0,05 maka H_1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap self-efficacy siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-Efficacy Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Fatimah FM Manurung
Date Deposited: 11 Aug 2025 07:35
Last Modified: 11 Aug 2025 07:35
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13607

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by