Manurung, Fatimah (2025) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self-Efficacy Siswa. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (202kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (307kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (773kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) |
|
|
Text
SKRIPSI FATIMAH MANURUNG (210710062).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Fatimah Manurung: Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dan Self-Efficacy Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy siswa disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional atau masih berfokus pada guru sehingga siswa tidak mampu memberikan ide-ide kreatif selama pembelajaran serta kurang percaya diri. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy siswa. Salah satu model yang dapat diterapkan adalah model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X MAS Ulumuddin. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kelas yang terpilih yaitu kelas X-C sebagai kelas kontrol dan kelas X-E sebagai kelas eksperimen. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket self-efficacy siswa. Pengujian hipotesis pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket self-efficacy menggunakan uji parametrik independent sample t-test berbantuan software SPSS versi 25 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis didapat nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis Sig. 2-tailed < 0,05 maka H_1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Sedangkan hasil uji hipotesis angket self-efficacy didapat nilai Asymp Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis Asymp Sig. 2-tailed < 0,05 maka H_1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap self-efficacy siswa. Kata Kunci: Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self-Efficacy Siswa
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Fatimah FM Manurung |
| Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:35 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 07:35 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13607 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




