HASIBUAN, ANGGIA RIZKIKA (2025) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT PADA APLIKASI SISTEM PENGELOLAAN PENGADUAN PELAYANAN PUBLIK NASIONAL- LAYANAN ASPIRASI PENGADUAN ONLINE RAKYAT (SP4N-LAPOR) DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA MEDAN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER ANGGI.pdf Download (126kB) |
|
|
Text
ABSTRAK ANGGI.pdf Download (296kB) |
|
|
Text
BAB 1 ANGGI.pdf Download (342kB) |
|
|
Text
DAPUS ANGGI.pdf Download (270kB) |
|
|
Text
Skripsi ANGGI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa pengaduan yang belum ditindaklanjuti pada setiap tahunnya. Hal ini dapat dilihat dari data pengaduan masyarakat Kota Medan dalam aplikasi SP4N-LAPOR Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan dari tahun 2020 sampai dengan 2024. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat Kota Medan. Rumusan masalah dalam peneltian ini ada dua yaitu yang pertama difokuskan kepada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada saat menggunakan Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat SP4N-LAPOR, kedua pengaruh kualitas pelayananan dan kepuasan masyarakat terhadap Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat SP4N-LAPOR. Penelitian ini mengguanakan metode penelitian kuantitatif, analisis regresi sederhana dan analisis asumsi klasik dengan bantuan SPSS versi 27. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang menggunakan aplikasi SP4N-LAPOR di Kota Medan yaitu sebanyak 3.507 yang kemudian dilakukan penarikan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling atau teknik penarikan acak pada populasi dan menggunakan rumus slovin sehingga menghasilkan 100 responden. Hasil dari penelitian yang didapatkan dengan menggunakan uji t dan uji f yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan masyarakat dengan nilai 0,000 (p < 0,05) sehingga hipotesis diterima.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik |
| Depositing User: | ANGGIA RIZKIKA HASIBUAN |
| Date Deposited: | 11 Aug 2025 06:51 |
| Last Modified: | 11 Aug 2025 06:51 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13573 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




