PASARIBU, JAZA ANIL HUSNA (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover Skripsi Jaza Anil Husna Pasaribu.pdf Download (38kB) |
|
|
Text
Abstrak Skripsi Jaza Anil Husna Pasaribu.pdf Download (35kB) |
|
|
Text
Bab I Skripsi Jaza Anil Husna Pasaribu.pdf Download (151kB) |
|
|
Text
Daftar Pustaka Skripsi Jaza Anil Husna Pasaribu.pdf Download (168kB) |
|
|
Text
Skripsi Jaza Anil Husna Pasaribu.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa serta kurangnya penerapan model dan pendekatan pembelajaran yang efektif. Berdasarkan hal tersebut, maka solusi yang diberikan untuk siswa pada penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran thinking aloud pair problem solving dengan pendekatan berdiferensiasi pada proses pembelajaran yang mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran thinking aloud pair problem solving dengan pendekatan berdiferensiasi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Pendekatan pada penelitian ini berbentuk kuantitatif yang berjenis eksperimen dengan menggunakan quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Kota Lhokseumawe, sedangkan sampel terdiri atas dua kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut dipilih dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes dan non tes. Tes sendiri menggunakan 3 butir soal essay yang memuat kemampuan penalaran matematis dan tes penentuan tipe gaya belajar siswa di kelas eksperimen untuk mengetahui kebutuhan gaya belajar siswa serta non tes yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan siswa guna mengetahui kesesuaian model pembelajaran dan pengajaran yang dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest dimasing-masing kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai asymp sig (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran thinking aloud pair problem solving dengan pendekatan berdiferensiasi terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi persamaan kuadrat. Jika dilihat dari skor rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa pada kelas yang diberikan perlakukan atau kelas eksperimen lebih baik daripada siswa pada kelas kontrol. Kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis Siswa, Thinking Aloud Pair Problem Solving, Pendekatan Berdiferensiasi.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Jaza Anil Husna |
| Date Deposited: | 31 Jul 2025 04:00 |
| Last Modified: | 31 Jul 2025 04:00 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




