Nisak, Khairun (2025) Efektivitas Model Problem Posing Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Aktivitas Belajar Ditinjau Dari Gender. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Skripsi_Khairun Nisak_180720013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Khairun Nisak: Efektivitas Model Problem Posing Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Ditinjau dari Gender. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar serta efektivitas model pembelajaran problem posing berbantuan media canva ditinjau dari gender pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Samalanga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment dan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Samalanga dengan jumlah sampel 36 siswa kelas XI IPA 1 dan 31 siswa kelas XI IPA 2 dari total populasi seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 101 siswa. Teknik pengunpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara tidak terstruktur, teknik tes dan nontes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan lembar tes yang berisi soal multiple choice sebanyak 30 butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang mencakup normal gain, uji prasyarat (normalitas & homogenitas), uji hipotesis menggunakan ANOVA dua jalur dengan bantuan SPSS 23 for windows dan analisis deskriptif efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model problem posing berbantuan media canva ditinjau dari gender dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data efektivitas didapatkan bawa model pembelajaran problem posing berbantuan media canva efektif terhadap hasil belajar dan dengan hasil analisis data efektivitas ≥ 1. Kata Kunci: Problem posing, hasil belajar, aktivitas belajar, gender

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Khairun Nisak
Date Deposited: 29 Jul 2025 07:15
Last Modified: 29 Jul 2025 07:15
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13118

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by