Nisak, Khairun (2025) Efektivitas Model Problem Posing Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Aktivitas Belajar Ditinjau Dari Gender. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Cover.pdf Download (11kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (111kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (131kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19kB) |
|
|
Text
Skripsi_Khairun Nisak_180720013.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Khairun Nisak: Efektivitas Model Problem Posing Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Ditinjau dari Gender. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif dan aktivitas belajar serta efektivitas model pembelajaran problem posing berbantuan media canva ditinjau dari gender pada siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Samalanga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experiment dan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Samalanga dengan jumlah sampel 36 siswa kelas XI IPA 1 dan 31 siswa kelas XI IPA 2 dari total populasi seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 101 siswa. Teknik pengunpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara tidak terstruktur, teknik tes dan nontes. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan lembar tes yang berisi soal multiple choice sebanyak 30 butir soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t yang mencakup normal gain, uji prasyarat (normalitas & homogenitas), uji hipotesis menggunakan ANOVA dua jalur dengan bantuan SPSS 23 for windows dan analisis deskriptif efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan terhadap hasil belajar dan aktivitas belajar peserta didik menggunakan model problem posing berbantuan media canva ditinjau dari gender dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis data efektivitas didapatkan bawa model pembelajaran problem posing berbantuan media canva efektif terhadap hasil belajar dan dengan hasil analisis data efektivitas ≥ 1. Kata Kunci: Problem posing, hasil belajar, aktivitas belajar, gender
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Khairun Nisak |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 07:15 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 07:15 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13118 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




