Rizki, Muhammad (2025) PENGARUH THECNOLOGY ACEPPTANCE MODEL (TAM) TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN BYOND BY BSI DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus: Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Malikussaleh). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (61kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (81kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
|
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Inovasi layanan perbankan digital melalui aplikasi Byond By BSI bertujuan memudahkan transaksi finansial dan sosial bagi nasabah, termasuk kalangan mahasiswa. Namun, adopsi layanan ini belum optimal karena berbagai persepsi pengguna terkait manfaat, kemudahan, kepercayaan, fitur, dan risiko penggunaan. Hal ini berpotensi menghambat pertumbuhan pengguna dan efektivitas layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh persepsi manfaat, kemudahan, kepercayaan, ketersediaan fitur, dan persepsi risiko terhadap keputusan mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Malikussaleh dalam menggunakan layanan Byond By BSI. Metode kuantitatif digunakan dengan data dari 90 responden yang dianalisis menggunakan regresi linier berganda setelah melewati uji validitas, reliabilitas, serta asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat memiliki nilai t sebesar 0,109 < t tabel 1,662, dengan signifikansi 0,913 > 0,10, sehingga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Persepsi kemudahan menunjukkan nilai t sebesar 1,767 > 1,662 dengan signifikansi 0,081 > 0,10, yang berarti berpengaruh signifikan. Persepsi kepercayaan memiliki nilai t 0,632 < 1,662 dengan signifikansi 0,529 > 0,10, juga tidak berpengaruh signifikan. Sedangkan ketersediaan fitur berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai t sebesar 3,529 > 1,662 dan signifikansi 0,001 < 0,10. Persepsi risiko berpengaruh negatif namun tidak signifikan dengan nilai t sebesar -2,357 > 1,662 dan signifikansi 0,21 > 0,10. Model regresi yang terbentuk mampu menjelaskan 41,2% variasi keputusan nasabah (R² = 0,412). Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketersediaan fitur merupakan faktor utama yang memengaruhi keputusan mahasiswa dalam menggunakan layanan Byond By BSI. Oleh karena itu, pengembangan fitur dan inovasi layanan perlu menjadi fokus utama pengelola layanan untuk meningkatkan minat pengguna.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HJ Public Finance T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > 26201 - Jurusan Teknik Industri |
| Depositing User: | Muhammad rizki rizki |
| Date Deposited: | 29 Jul 2025 04:22 |
| Last Modified: | 29 Jul 2025 04:22 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/13083 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




