AZZEVI, REISYA AMELIA (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA LAYANAN GOPAY LATER DAN GOPAY PINJAM DENGAN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE (UEQ). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Daftar Pustakaa.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Full-Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan e-commerce di Indonesia mendorong pertumbuhan Perkembangan e-commerce di Indonesia yang pesat turut mendorong pertumbuhan layanan pembayaran digital, termasuk fitur PayLater dan pinjaman online. Penelitian ini berfokus pada analisis kepuasan pengguna layanan GoPay Later dan GoPay Pinjam menggunakan pendekatan User Experience Questionnaire (UEQ) dan Usability Testing ISO 9241-11. Dimensi UEQ yang dievaluasi meliputi daya tarik, kejelasan, efisiensi, keandalan, stimulasi, dan kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna dan mengevaluasi performa kedua layanan berdasarkan efektivitas, efisiensi, serta tingkat kepuasan. Hasil analisis menunjukkan bahwa perspicuity, dependability, dan stimulation memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, sementara efisiensi, daya tarik visual, dan kebaruan tidak secara langsung memengaruhi tingkat kepuasan. Secara keseluruhan, layanan GoPay Later memperoleh skor rata-rata kepuasan sebesar 74,95% (kategori baik), sementara GoPay Pinjam memperoleh skor rata-rata 69,5% (kategori cukup baik). Variasi skor ini mengindikasikan adanya ruang untuk peningkatan pada aspek efisiensi dan daya tarik visual guna meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami pengalaman pengguna terhadap layanan keuangan berbasis teknologi dan memberikan rekomendasi untuk pengembangan layanan yang lebih optimal di masa mendatang. Kata Kunci: Kepuasan Pengguna, Gopay Later, Gopay Pinjam, User Experience Questionnaire (UEQ), ISO 9241-11, Phyton, SmartPLS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: Reisya Eca eca
Date Deposited: 25 Jul 2025 08:21
Last Modified: 25 Jul 2025 08:21
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by