Said, Yumna Rilasmi (2025) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN STARTING LINE UP TIM SEPAKBOLA PADA GAME EFOOTBALLTM MENGGUNAKAN METODE VISEKRITERIJUMSKO KOMPROMISNO RANGIRANJE (VIKOR) BERBASIS WEBSITE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Yumna Rilasmi Said_200180003_cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Yumna Rilasmi Said_200180003_abstrak.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Yumna Rilasmi Said_200180003_bab 1.pdf

Download (375kB)
[img] Text
Yumna Rilasmi Said_200180003_daftar pustaka.pdf

Download (354kB)
[img] Text
Yumna Rilasmi Said_200180003_SPK Vikor.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Game eFootball adalah sebuah game yang sangat mengedepankan taktik. Strategi dan kecerdikan pemain, atau dalam hal ini pelatih, akan sangat penting dalam menyusun kombinasi pemain yang akan menjadi starting eleven agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Akan tetapi, hanya sedikit dari mereka yang melakukan pemilihan pemain menggunakan stastistik, sebagian besar manajer hanya menggunakan feeling dan sentiment mereka. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem yang dapat membantu dalam menentukan starting line up terbaik pada game eFootball menggunakan metode vikor. Dengan menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk mengumpulkan data yang terkait dengan masalah yang dibahas dengan mempelajari melalui observasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode vikor untuk menentukan skor setiap pemain sepakbola. Hasil penelitian ini yaitu sistem telah melakukan perhitungan terhadap pemain yang ada di game eFootball dengan mengambil sampel 556 orang pemain. Berdasarkan data perhitungan tersebut didapatkan hasil akhir yaitu rekomendasi starting line up dengan pemain terbaik disetiap posisi sebagai berikut : David Raya dengan nilai 0.012 pada posisi GK, Ben Chilwell dengan nilai 0.051 pada posisi LB, Kyle Walker dengan nilai 0.134 pada posisi RB, Matthijs De Ligt dengan nilai 0.000 pada posisi CB, Rodri dengan nilai 0.000 pada posisi DMF, James Ward Prowse dengan nilai 0.044 pada posisi CMF, Kevin De Bruyne dengan nilai 0.016 pada posisi AMF, Kaoru Mitoma dengan nilai 0.000 pada posisi LMF, Mohammed Kudus dengan nilai 0.063 pada posisi RMF, Federico Chiesa dengan nilai 0.036 pada posisi LWF, Mohamed Salah dengan nilai 0.000 pada RWF, Illiman Ndiaye dengan nilai 0.000 pada posisi SS, dan Gabriel Jesus dengan nilai 0.067 pada posisi CF. Hal ini menunjukan bahwa sistem ini dapat dipakai untuk memfasilitasi pengguna dalam menentukan starting line up terbaik pada game eFootball. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu manajer (pemain game eFootball) dalam membentuk starting line up pada game eFootball. Dengan demikian, sistem ini dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam menentukan starting line up terbaik pada game eFootball. Kata Kunci : SPK, Starting Line Up, eFootball, Vikor, Kriteria, Rekomendasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: Yumna Rilasmi Said
Date Deposited: 24 Jul 2025 09:25
Last Modified: 24 Jul 2025 09:25
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12976

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by