MUTIA, SHAHIFAH (2025) PENGARUH CELEBRITY ENDORSEMENT, BRAND IMAGE DAN SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK OH MY GLAM (OMG) DALAM PERSPEKTIF ISLAM DI KOTA BIREUEN. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
|
Text
cover SHAHIFAH MUTIA 210440053 PRODI EKONOMI SYARIAH.pdf Download (276kB) |
|
|
Text
Abstrak SHAHIFAH MUTIA 210440053 PRODI EKONOMI SYARIAH.pdf Download (297kB) |
|
|
Text
BAB I SHAHIFAH MUTIA 210440053 PRODI EKONOMI SYARIAH.pdf Download (579kB) |
|
|
Text
DApus SHAHIFAH MUTIA 210440053 PRODI EKONOMI SYARIAH.pdf Download (256kB) |
|
|
Text
SHAHIFAH MUTIA 210440053 PRODI EKONOMI SYARIAH.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Shahifah Mutia Program Studi : Ekonomi Syariah Judul : Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oh My Glam (OMG) Dalam Perspektif Islam di Kota Bireuen. Dari sudut pandang Islam di Kota Bireuen, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorsement, brand image, dan social media marketing terhadap keputusan pembelian kosmetik Oh My Glam (OMG). Penelitian ini mengambil sampel dari 91 partisipan. Dengan menggunakan analisis regresi linier multivariat, dapat dilakukan pengujian hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Oh My Glam (OMG) di Kota Bireuen (p = 0,028), sedangkan celebrity endorsement berpengaruh positif dan signifikan secara parsial (p = 0,041), brand image berpengaruh negatif dan tidak signifikan (p = 0,587), dan celebrity endorsement (n = 0,587) tidak berpengaruh (p = 0,587). Konsumen di Kota Bireuen terdorong untuk membeli kosmetik Oh My Glam (OMG) ketika melihat adanya endorsement dari selebriti, brand image yang baik, dan kampanye social media marketing yang terjadi secara bersamaan dengan tingkat signifikan 0,000. Dalam perspektif Islam, Celebrity Endorsement, Brand Image dan Social Media Marketing diperbolehkan selama sesuai dengan prinsip syariah, seperti kejujuran, amanah, dan tidak mengandung unsur penipuan, manipulasi, maupun promosi terhadap hal yang haram. Ketiga strategi pemasaran ini harus menjunjung tinggi nilai etika Islam, menghindari perilaku konsumtif berlebihan, serta mendorong terciptanya pemasaran yang adil dan bermanfaat bagi konsumen. Kata Kunci: Celebrity Endorsement, Brand Image, Social Media Marketing, Keputusan Pembelian, Perspektif Islam.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HJ Public Finance |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 60202 - Jurusan Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Mutia Kartini |
| Date Deposited: | 22 Jul 2025 02:35 |
| Last Modified: | 22 Jul 2025 02:35 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12867 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




