MUNIDA, FERA (2025) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI LAJU REAKSI MENGGUNAKAN FIVE TIER DIAGNOSTIC TEST BERBASIS CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI MAS SYAMSYUDDUHA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
cover SKRIPSI.pdf Download (132kB) |
|
|
Text
ABSTRAK skripsi.pdf Download (147kB) |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (208kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
FINAL FERA MUNIDA_210720038_PENDIDIKAN Kimia 2021_skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat miskonsepsi peserta didik pada materi laju reaksi, dan sub-pokok bahasan apa yang terjadi miskonsepsi pada materi laju reaksi, serta sumber penyebab miskonsepsi pada materi laju reaksi di kelas XI MAS Syamsyudduha, dengan menggunakan instrumen Five Tier Diagnostic Test Berbasis Certainty Of Response Index (CRI). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan lokasi penelitian di MAS Syamsyudduha. Subjek penelitian sebanyak 113 peserta didik kelas XI MAS Syamsyudduha yang dipilih melalui teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan five-tier diagnostic test berbasis CRI dan dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi peserta didik pada materi laju reaksi sebesar 45,75%, dengan kategori sedang. Miskonsepsi terjadi pada sub-pokok bahasan konsep laju (37,2%), faktor yang mempengaruhi laju (49,1%), dan hukum laju reaksi (44,8%). Sumber-sumber miskonsepsi antara lain berasal dari internet (2,74%), guru (10,46%), buku (14,2%), sumber lainnya (18,13%) dan pemikiran pribadi (54,43%). Pemikiran pribadi menjadi penyebab miskonsepsi dengan persentase tertinggi. Miskonsepsi dari sumber pemikiran pribadi disebabkan oleh asumsi yang salah yang dimiliki peserta didik sebelumnya, informasi yang tidak akurat atau tidak lengkap yang diterima peserta didik, serta kecenderungan peserta didik untuk mengaitkan konsep yang baru dipelajari dengan pengetahuan atau pengalaman pribadi yang mungkin tidak relevan atau bahkan salah.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
| Depositing User: | Fera Munida |
| Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:01 |
| Last Modified: | 17 Jul 2025 04:01 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




