JUMMIATI, JUMMIATI (2025) PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP ONLINE PURCHASE INTENTION DENGAN COGNITIVE ATTITUDE DAN AFFECTIVE ATTITUDE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh). S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
Cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (188kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (467kB)
[img] Text
Full-text_Skripsi_Jummiati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Meningkatnya kesadaran konsumen terhadap produk halal menjadikan religiusitas sebagai faktor penting dalam perilaku pembelian, khususnya di kalangan muslim. Namun, meskipun Wardah menjadi pelopor kosmetik halal di Indonesia dan menempati posisi teratas dalam penjualan produk di E-commerce, keputusan pembelian konsumen tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh status kehalalan produk. Hal ini menunjukkan adanya variabel lain yang turut memengaruhi niat beli online, seperti sikap kognitif dan afektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas terhadap online purchase intention dengan cognitive attitude dan affective attitude sebagai variabel intervening pada produk kosmetik Wardah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh yang pernah menggunakan produk kosmetik Wardah sebanyak 108 responden. Analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh positif terhadap cognitive attitude, affective attitude dan online purchase intention. Selain itu, cognitive attitude dan affective attitude berpengaruh signifikan terhadap online purchase intention. Religiusitas juga memiliki pengaruh tidak langsung terhadap niat beli online melalui kedua sikap tersebut, yang berarti peran mediasi attitude cukup penting dalam membentuk keputusan pembelian konsumen terhadap produk kosmetik halal secara online.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 61201 - Jurusan Manajemen
Depositing User: JUMMIATI JUMMIATI
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:51
Last Modified: 07 Jul 2025 02:51
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12415

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by