Nur, Zaizatun (2024) PENERAPAN VIDEO BASED LABORATORY (VBL) DALAM MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
Zaizatun Nur 18030011 COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Zaizatun Nur 18030011 ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
Zaizatun Nur 18030011 BAB 1.pdf

Download (135kB)
[img] Text
Zaizatun Nur 18030011 DAPUS.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Zaizatun Nur 18030011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK ZAIZATUN NUR: Penerapan VBL (Video Based Laboratory) Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Video Based Laboratory (VBL) dalam model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen desain berbentuk nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan Video Based Laboratory dalam model pembelajaran berbasis masalah dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berbentuk Tes. Analisis instrument ini sudah melalui uji validasi pada ahli, dan diperoleh 20 soal yang valid dengan kesimpulan layak digunakan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan software SPSS. Hasil pengujian data hasil belajar kognitif menggunakan independent sample t test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Video Based Laboratory (VBL) dalam model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Kata kunci: Video Based Laboratory, berbasis masalah, Usaha dan Energi, konvensional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Zaizatun ZN Zaiza
Date Deposited: 04 Jul 2025 08:50
Last Modified: 04 Jul 2025 08:50
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12394

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by