ALFADHIL, ALFADHIL (2023) PENGARUH HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN RAYA DENGAN TINGKAT KECELAKAAN RUAS JALAN MEDAN -BANDA ACEH (Studi Kasus SP 4 Gle Kapai – Simpang Kameng). S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
ALFADHIL_160110101_C0VER.pdf

Download (299kB)
[img] Text
ALFADHIL_160110101_ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
ALFADHIL_160110101_BAB 1.pdf

Download (343kB)
[img] Text
ALFADHIL_160110101_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] Text
ALFADHIL_160110101_PENGARUH HUBUNGAN GEOMETRIK JALAN RAYA DENGAN TINGKAT KECELAKAAN RUAS JALAN MEDAN - BANDA ACEH (Studi kasus ; SP 4 Glee Kapai - Simpang Kameng).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Jalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen merupakan jalan arteri dari dan ke kota Bireuen, tidak jarang pada ruas jalan tersebut terjadi kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban jiwa maupun materi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lokasi daerah rawan kecelakaan (blackspot), mengetahui hubungan antara nilai jari-jari tikungan, derajat kelengkungan, jarak pandang henti, serta mengetahui hubungan v/c rasio dengan tingkat kecelakaan. Pengumpulan data primer yang meliputi data waktu tempuh rata-rata, kondisi geometrik jalan, perlengkapan jalan di peroleh dari survey di lapangan. Sedangkan data sekunder yang meliputi data LHR dan kecelakaan diperoleh dari Kepolisian Resort Bireuen. Dari hasil analisis geometri jalan kecepatan rencana Jalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen sebesar 80 km/jam, tipe jalan 1 jalur, 2 lajur. Hasil analisis diketahui lokasi daerah rawan kecelakaan lalu lintas di ruas jalan Lintas Sumatera, Aceh, Bireuen terletak pada daerah SP 4 Glee Kapai, yang paling berpengaruh terhadap kecelakaan adalah Jarak pandang henti operasional daerah paling rawan SP 4 Glee Kapai yaitu 55,19 m < 120 m dan Jarak pandang menyiap daerah paling rawan yaitu SP 4 Glee Kapai 246,71 m < 350 m. Sedangkan untuk hubungan antara v/c rasio tingginya tingkat kecelakaan dengan derajat kejenuhan, karena hasil perhitungan derajat kejenuhan dari lokasi survei yaitu kurang dari 1 berarti jalan tersebut lalu lintasnya lancar sehingga para pengendara kemungkinan besar mengendarai dengan kecepatan tinggi sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: al fadhil
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:17
Last Modified: 29 Feb 2024 08:17
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by