MAULANA, IKHSAN (2024) ANALISIS PROBABILITAS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI DARAT ANTARA BUS DAN MINIBUS HIACE (Studi Kasus: Rute Lhokseumawe - Banda Aceh). S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
cover ikhsan maulana.pdf

Download (110kB)
[img] Text
abstrak ikhsan maulana.pdf

Download (301kB)
[img] Text
bab 1 ikhsan maulana.pdf

Download (265kB)
[img] Text
daftar pustaka ikhsan maulana.pdf

Download (202kB)
[img] Text
IKHSAN MAULANA 190110124 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Transportasi memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan perkembangan pembangunan nasional mengingat sifatnya sebagai penggerak, pendorong, serta perekat kesenjangan antara wilayah. Pada perencanaan pemilihan moda transportasi, pemilihan moda merupakan model yang sangat penting dalam perencanaannya disebabkan karena peran kunci angkutan umum sebagai kebijakan transportasi. Dalam melakukan perjalanan siang hari atau malam hari rute Lhokseumawe - Banda Aceh atau sebaliknya, pelaku perjalanan akan dihadapkan pada pilihan jenis-jenis moda transportasi darat, yaitu dengan menggunakan Bus dan Minibus Hiace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna moda, faktor yang mempengaruhi pemilihan moda dan seberapa besar probabilitas pemilihan moda transportasi antara bus putra Pelangi dan minibus hiace rute Lhokseumawe-Banda Aceh. Metode penelitian menggunakan stated preference dan analisis data dengan model logit biner selisih melalui perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 100 responden, Terdapat sedikit perbedaan dalam pilihan transportasi responden, dimana 38 orang memilih Bus Putra Pelangi dan 62 orang memilih Minibus Hiace. Penumpang yang memilih moda ini umumnya berusia antara 20 dan 30 tahun. Responden pria lebih memilih bus, sementara responden wanita biasanya memilih Minibus Hiace. Sementara penumpang dengan pendapatan antara Rp500.000 dan Rp1.000.000 cenderung memilih Bus Putra Pelangi, mereka yang berpenghasilan lebih dari Rp3.000.000 cenderung memilih Minibus Hiace. Faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh yang signifikan, terbukti dengan nilai koefisien determinasi (R2 ) 0,963 atau 96,3%. Ubus-UHiace 0,569 + 0,022X1 + 0,108X2 + 0,019X3 + 0,129X4 + 0,018X5. Analisis probabilitas menunjukkan bahwa jika tarif kedua moda transportasi sama, peluang memilih bus Putra Pelangi adalah 4%, sementara minibus Hiace mencapai 96%. Namun, jika tarif bus Putra Pelangi diturunkan sekitar Rp90.000, peluang pemilihan kedua moda menjadi seimbang sebesar 50%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: IKHSAN MAULANA
Date Deposited: 18 Jun 2025 02:18
Last Modified: 18 Jun 2025 02:19
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/12069

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by