Chandra, Muhammad Rifky (2025) Perubahan Sosial Masyarakat Terdampak Pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran (Studi Kasus di Kampung Sipare-Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
Muhammad Rifky Chandra_200250075_Cover.pdf Download (36kB) |
|
|
Text
Muhammad Rifky Chandra_200250075_Abstrak.pdf Download (14kB) |
|
|
Text
Muhammad Rifky Chandra_200250075_Bab 1.pdf Download (134kB) |
|
|
Text
Muhammad Rifky Chandra_200250075_Daftar Pustaka.pdf Download (21kB) |
|
|
Text
Muhammad Rifky Chandra_200250075_PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT TERDAMPAK PEMBANGUNAN JALAN TOL INDRAPURA-KISARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji perubahan sosial masyarakat akibat pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran (Studi Kasus di Kampung Sipare-pare, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara). Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat yang terdampak pembebasan lahan dan bagaimana bentuk-bentuk perubahan sosial yang muncul. Fokus utama dalam studi ini adalah perubahan sosial dalam pola mata pencaharian, pola komunikasi, dan partisipasi masyarakat pasca pembangunan jalan tol. Penelitian ini menggunakan teori perubahan sosial dari Kingsley Davis, yang menjelaskan bahwa perubahan sosial mencakup transformasi dalam struktur sosial dan fungsi sosial masyarakat sebagai respons terhadap faktor eksternal, dalam hal ini pembangunan infrastruktur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer berupa hasil wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, serta data sekunder berupa dokumen dan literatur yang relevan. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran membawa perubahan signifikan terhadap struktur sosial masyarakat. Sebagian besar masyarakat yang lahannya terkena pembebasan beralih dari profesi petani ke pedagang, sementara sebagian lainnya tetap melanjutkan profesi sebagai petani dengan membeli lahan baru. Selain itu, pola interaksi masyarakat mengalami transformasi dari interaksi langsung menjadi lebih banyak menggunakan media komunikasi jarak jauh, seperti telepon dan WhatsApp, akibat perpindahan sebagian warga. Partisipasi dalam kegiatan sosial seperti gotong royong sedikit berkurang, namun semangat kerja sama tetap terjaga di kalangan masyarakat yang tersisa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembangunan jalan tol tidak hanya berdampak pada aspek ekonomi, tetapi juga pada pola interaksi dan struktur sosial masyarakat. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengambil kebijakan dalam meminimalkan dampak negatif pembangunan infrastruktur terhadap masyarakat terdampak. Kata Kunci : Perubahan Sosial, Masyarakat, Pembangunan Jalan Tol
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 69201 - Jurusan Sosiologi |
| Depositing User: | Muhammad Rifky Chandra |
| Date Deposited: | 11 Jun 2025 07:31 |
| Last Modified: | 11 Jun 2025 07:31 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11905 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




