Juliana, Eka (2025) Analisis Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap 3C (Critical Thinking, Collaboraton dan Creativity) Dalam Pembelajaran Kimia. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
SKRIPSI Eka Juliana 210720013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor internal terhadap 3C (Critical Thinking, Collaboration dan Creativity) dalam pembelajaran kimia di SMAN dan MAN Lhoksukon. Serta untuk mengetahui pengaruh eksternal terhadap 3C (Critical Thinking, Collaboration dan Creativity) dalam pembelajaran kimia di SMAN dan MAN Lhoksukon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei yaitu ex post facto, jumlah populasi 490 peserta didik, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, adapun penentuan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan taraf 5% jumlah sampel 328 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: wawancara, angket eksternal dan angket internal dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif data ekstrenal dan internal. Dan uji prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh faktor internal terhadap kemampuan 3C berada pada kategori tinggi. Aspek kolaborasi memperoleh skor tertinggi sebesar 87,63%, disusul oleh kreativitas sebesar 87,22%, dan berpikir kritis sebesar 84,48%. Secara lebih rinci, pada dua sekolah yaitu SMAN 1 dan SMAN 3, indikator yang menunjukkan skor tertinggi adalah pada pemberian angka, sementara di MAN 2 Aceh Utara, indikator tertinggi berada pada aspek mengetahui hasil. Sebaliknya, skor terendah di SMAN 1 dan SMAN 3 terdapat pada indikator tujuan yang diharapkan, sedangkan di MAN 2 Aceh Utara skor terendah muncul pada indikator saingan dan kompetensi. Secara keseluruhan di SMAN 1, SMAN 3 dan MAN 2 Aceh Utara yang berada diwilayah Lhoksukon, aspek kolaborasi tetap menjadi yang paling dominan dengan skor 89,92%, diikuti kreativitas (89,08%), dan berpikir kritis (88,09%). Dari berbagai indikator yang dianalisis, prasarana sekolah merupakan faktor internal yang paling berpengaruh, sementara disiplin sekolah memiliki pengaruh paling rendah. Pengujian statistik menunjukkan bahwa data berdistribusi normal (uji normalitas), terdapat hubungan linear antara faktor-faktor dan hasil belajar (uji linearitas), serta tidak ditemukan gejala heterokedastisitas. Hasil uji regresi mengindikasikan bahwa baik faktor internal maupun eksternal berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,697 menunjukkan bahwa faktor internal dan eksternal secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 69,7% terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Eka Juliana
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:50
Last Modified: 03 Jun 2025 02:50
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by