Muyassarah, Muyassarah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER MUYA.pdf Download (23kB) |
|
|
Text
ABSTRAK MUYA.pdf Download (85kB) |
|
|
Text
BAB 1 MUYA.pdf Download (266kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA MUYA.pdf Download (140kB) |
|
|
Text
SKRIPSI MUYASSARAH.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Rendahnya pendidikan membuat sumber daya manusia melemah, oleh karena itu diperlukan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan terutama pembelajaran matematika. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep dan kurangnya rasa percaya diri juga merupakan salah satu dari penyebab rendahnya pendidikan di Indonesia. Salah cara untuk mengatasinya adalah dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mengetahui: 1). Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis 2). Apakah terdapat Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap self confidence Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Exsperiment design dengan menggunakan posttest-only design with non-equivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI MAS Misbahul Ulum dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.5 sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X.4 sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol. Teknik Pengumpulan data dengan tes dan non-tes dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis serta uji t. Hasil pengujian Hipotesis pertama menggunakan uji t dengan teknik independent sampel t-test ditunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikan α = 0,05 dengan signifikansi yang diperoleh adalah sig 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima berarti terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis . Hasil pengujian Hipotesis pertama menggunakan uji t dengan teknik independent sampel t-test ditunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikan α = 0,05 dengan signifikansi yang diperoleh adalah sig 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima berarti terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap self confidence Kata kunci: Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Self Confidence
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Muyassarah Muyassarah |
| Date Deposited: | 26 May 2025 03:02 |
| Last Modified: | 26 May 2025 03:02 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




