Riska, Riska (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE) BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP LITERASI SAINS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
|
Text
COVER.pdf Download (200kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (321kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
|
|
Text
2021_RISKA_210730027.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan Wordwall dan peningkatan literasi sains siswa dikelas XI MAN 1 Kota Lhokseumawe. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperimen yang berbentuk nonequivalent (pretest and posttest) control group design. Cara menerapkan sampel dengan teknik purposive sampling dimana didapatkan total 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas XI-2 dan kelas XI-6 sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest siswa di kelas eksperimen adalah 50,6, dan meningkat menjadi 73,8. Sementara itu di kelas kontrol, rata-rata nilai pretest sebesar 47,8 dan meningkat menjadi 62,2 pada posttest. Nilai N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,46 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan kelas kontrol memperoleh N-Gain sebesar 0,26 yang termasuk kategori rendah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RADEC berbantuan Wordwall berpengaruh dalam meningkatkan literasi sains siswa. Peningkatan ini ditunjukkan melalui perbandingan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, baik dari segi rata-rata nilai pretest dan posttest maupun skor N-Gain. Selain itu, dapat disimpulkan terdapat peningkatan yang efektif pada N-Gain terhadap literasi sains siswa. Dengan demikian, model RADEC berbantuan Wordwall dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan literasi sains siswa di tingkat SMA. Kata Kunci: RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE), Wordwall, Literasi Sains.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | riska kaa Riska |
| Date Deposited: | 20 May 2025 07:30 |
| Last Modified: | 20 May 2025 07:30 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11611 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




