Husna, Nur Fazri (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) BERBANTUAN LKPD TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover .pdf

Download (38kB)
[img] Text
Abstrakk.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (78kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] Text
2021_Nur Fazri Husna_210730001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) berbantuan LKPD terhadap kemampuan literasi sains peserta didik (2) untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eskperimen dengan desains penelitian non-equivalent (pretest dan posttest) control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling berjumlah 52 peserta didik terdiri dari 26 peserta didik kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan 26 peserta didik kelas XI MIA 3 sebgai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes soal pretest dan posttest berbentuk pilihan ganda sebanyak 10 butir soal. Analisis data menggunakan uji yang meliputi uji normalitas, homogenitas, uji hipotesis dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest yang diperoleh peserta didik di kelas eksperimen adalah 0 dan nilai rata-rata posttest yang diperoleh peserta didik adalah 9 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest yang diperoleh peserta didik adalah 0 dan nilai rata-rata posttest yang diperoleh peserta didik adalah 8. Uji statistik dengan menggunakan uji two tail test excel 16 diperoleh hasil sig (2-tailed) 0,002 < signifikansi 0,05 artinya H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik. Perolehan nilai N-Gain pada kelas eksperimen mencapai sebesar 56,09% terrmasuk kategori cukup efektif, kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain 42,55, tergolong tidak efektif. Ini menunjukkan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga model POGIL yang diterapkan terbukti cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bawa terdapat pengaruh dan kemampuan peningkatan pada model pembelajaran POGIL berbantuan LKPD literasi sains peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Fazri Husna
Date Deposited: 20 May 2025 02:12
Last Modified: 20 May 2025 02:12
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11609

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by