Fitri, Fitri (2024) EFEKTIFITAS PELAYANAN PERSETUJUAN BANGUNAN GEDUNG DI DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
Full-Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Efektifitas pelayanan Persetujuan Bangunan Gedung untuk mendeskripsikan minimnya pengetahuan mengenai tahapan pelayanan PBG. Masih kurangnya sikap acuh masyarakat mengenai manfaat PBG serta edukasi yang perlu ditingkatkan. Pada studi ini menerapkan teori Martani serta Hari Lubis terdapat tiga aspek pendekatan yaitu pendekatan sasaran, proses dan sumber. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis tahapan pelayanan Persetujuan bangunan serta hambatan pelayanan dalam pengurusan persetujuan bangunan gedung di Kota Lhokseumawe. Pada studi ini menerapkan metode pendekatan kualitatif, metode pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Berdasarkan perolehan dari studi ini mengindikasikan secara umum pelayanan persetujuan bangunan gedung di dinas penanaman modal serta pelayanan terpadu satu pintu Kota Lhokseumawe telah terlaksana pada tahun 2021, efektifitas pelayanan persetujuan bangunan dalam meningkatkan pelayanan dapat dilihat dari aspek persyaratan dan sistem, mekanisme, prosedur serta kompetensi pelaksana. Dari fenomena di lapangan terkait persyaratan masih ada terdapat masyarakat yang belum mengetahui sehingga menyebabkan kebingungan dalam proses layanan. Untuk sistem, mekanisme, prosedur masih ada masyarakat yang tidak mengetahui, hal ini menyebabkan adanya masyarakat yang acuh terhadap PBG serta sarana dan prasaran perlu ditingkatkan. Hambatan pelayanan dapat diukur berdasarkan teori Martani dan Hari Lubis terdapat tiga aspek pendekatan, yaitu pendekatan proses terdapat adanya pegawai yang kurang disiplin pada saat proses layanan, pendekatan sumber terdapat kurangnya sumber daya manusia dalam memberikan layanan kepada masyarakat, pendekatan sasaran minimnya sosialisasi sehingga pemahaman dan pengetahuan masyarakat sangat kurang. berdasarkan hal tersebut penelitian ini menyimpulkan efektifitas pelayanan PBG Di dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu kota Lhokseumawe sudah baik akan tetapi perlu ditingkatkan dalam aspek sosialisasi, kesadaran masyarakat serta jumlah SDM. Untuk meningkatkan efektifitas pelayanan, pemerintah daerah dan DPMPTSP Kota Lhokseumawe sudah mulai meningkatkan layanan dengan adanya Mal Pelayanan Digital MPPD, layanan tersebut dilakukan melalui satu aplikasi yang sudah terintegritas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: Fitri Fitri
Date Deposited: 07 May 2025 03:52
Last Modified: 07 May 2025 03:52
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11476

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by