Aufa, Zurra Yusally (2025) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan Media Edpuzzle pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
Daftar pustaka.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika sehingga menyebabkan siswa sulit menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan pemahaman konsep, terutama pada materi barisan dan deret aritmatika. Berdasarkan hal ini diberikan solusi dengan menerapkan pendekatan berdiferensiasi berbantuan media Edpuzzle untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pendekatan berdiferensiasi berbantuan media Edpuzzle yang lebih baik secara signifikan daripada menggunakan pendekatan konvensional pada materi barisan dan deret aritmatika. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAS Jabal Nur, serta yang menjadi sampel yaitu siswa kelas XI-1 sebagai kelas eksperiment dan kelas XI-3 sebagai kelas control yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Adapun dikarenakan data pada penelitian ini tidak berdistribusi normal, analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan uji non parametrik Mann-Whitney U serta data diolah menggunakan software SPSS versi 25 for windows. Hasil Mann-Whitney U diperoleh nilai asymp sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pendekatan berdiferensiasi berbantuan media Edpuzzle lebih baik secara signifikan daripada menggunakan pendekatan konvensional pada materi barisan dan deret aritmatika. Kata Kunci : Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, pendekatan berdiferensiasi, media Edpuzzle, barisan dan deret aritmatika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zurra Yusally Aufa |
Date Deposited: | 02 May 2025 04:41 |
Last Modified: | 02 May 2025 04:41 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11374 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |