LESTARI, ANNISA (2025) PENGARUH STRATEGI RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (669kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (168kB)
[img] Text
Skripsi Annisa Lestari Legalisir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan representasi dan keaktifan belajar matematis siswa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu penggunaan model atau metode pembelajaran konvensional yang masih berfokus pada guru, keterbatasan waktu dan kurikulum serta kurangnya pengajaran yang fokus pada pemahaman konseptual sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran di kelas serta kurang dalam merepsentasikan ide-ide matematisnya. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam pembelajaran serta mampu dalam merepresentasikan ide-ide matematisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan representasi matematis dan keaktifan belajar matematis siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas X MAS Syamsuddhuha. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kelas terpilih yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu tes kemampuan representasi matematis dan angket keaktifan belajar matematis. Pengujian hipotesis pada tes kemampuan representasi menggunakan uji parametrik independent sample t-test berbantuan software SPSS versi 25 dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan pengujian hipotesis pada non tes berupa angket menggunakan uji non-parametrik Mann Whitney U berbantuan software SPSS versi 25 dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada tes kemampuan representasi matematis didapat nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis Sig. 2-tailed <0,05, maka H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Sedangkan hasil uji hipotesis angket keaktifan belajar matematis didapat nilai Asymp Sig. 2-tailed sebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis Asymp Sig. 2-tailed < 0,05, maka H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran REACT terhadap keaktifan belajar matematis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Annisa Lestari
Date Deposited: 02 May 2025 04:32
Last Modified: 02 May 2025 04:32
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11367

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by