Hasibuan, Nova Heliana (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover Skripsi Nova Heliana Hasibuan.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Abstrak Skripsi Nova Heliana Hasibuan.pdf

Download (357kB)
[img] Text
Bab I Skripsi Nova Heliana Hasibuan.pdf

Download (555kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi Nova Heliana Hasibuan.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Skripsi NOVA HELIANA HASIBUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia berada pada tingkat yang rendah, dan hal tersebut berkaitan erat dengan kemandirian belajar siswa. Diperlukan model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan kemandirian belajar siswa, salah satunya yaitu model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Experiment dengan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Lhokseumawe. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, di mana kelas XI-1 terpilih sebagai kelas kontrol dan kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen. Setiap kelas sampel terdiri dari 20 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan non-tes. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas yaitu uji Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic, uji Mann-Whitney, uji-t dan uji linieritas dengan berbantuan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney didapatkan nilai signifikan sebesar 0,002 <α (α=0,05), yang menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh signifikan 0,826≥α (α=0,05),H_0 diterima atau H_1 ditolak dengan artian tidak terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemandirian belajar siswa. Hasil pengujian uji linieritas diperoleh signifikan 0,278≥α (α=0,05),H_0 ditolak atau H_1 diterima yang menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dengan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran discovery learning, Kemampuan komunikasi matematis, Kemandirian belajar siswa,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Nova Heliana
Date Deposited: 30 Apr 2025 04:35
Last Modified: 30 Apr 2025 04:35
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11341

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by