HUSNITA, HUSNITA (2025) ANALISIS KINERJA TERMINAL ANGKUTAN BARANG KOTA LHOKSEUMAWE. S2 thesis, Universitas Malikussaleh.
| ![[img]](https://rama.unimal.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Cover.pdf Download (24kB) | 
| ![[img]](https://rama.unimal.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Abstrak.pdf Download (301kB) | 
| ![[img]](https://rama.unimal.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Bab I.pdf Download (255kB) | 
| ![[img]](https://rama.unimal.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text Daftar pustaka.pdf Download (240kB) | 
| ![[img]](https://rama.unimal.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text TESIS HUSNITA.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | 
Abstract
ABSTRAK Terminal barang adalah fasilitas fisik yang dirancang khusus untuk menangani bongkar muat, penyimpanan, dan pengolahan barang yang diangkut dengan berbagai moda transportasi, seperti kapal laut, truk, kereta api, dan pesawat terbang. Namun seberapa andal sistem informasi dan infrastruktur terminal barang Kota Lhokseumawe dan apakah terdapat risiko kerusakan atau kehilangan barang selama proses bongkar muat dan penyimpanan menjadi fenomena selama ini di terminal barang Kota Lhokseumawe. Penelitian ini menganalisis kinerja terminal barang di Kota Lhokseumawe dengan menggunakan metode Analisis Hierarki Proses (AHP), yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja terminal barang dan menentukan prioritas strategi untuk meningkatkan kinerja tersebut, dengan menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner kepada para pihak yang berkepentingan terhadap terminal barang, meliputi pengelola, pengguna jasa, dan tenaga kerja. Data dianalisis dengan menggunakan metode AHP untuk menentukan bobot relatif dari setiap kriteria dan alternatif strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria keandalan merupakan kriteria yang paling berpengaruh terhadap kinerja terminal barang, dengan nilai rata-rata eigen gabungan tertinggi sebesar 0,36. Strategi operasional menjadi prioritas utama untuk meningkatkan kinerja terminal, dengan bobot tertinggi sebesar 2,54, diikuti oleh strategi pemasaran (bobot 1,08) dan strategi pengembangan (bobot 0,58). Pengutamaan strategi operasional sebagai prioritas pertama menandakan pentingnya strategi ini dalam memperbaiki kinerja terminal barang. Kata kunci: Kinerja Terminal Barang, Analisis Hierarki Proses (AHP), Keandalan, Strategi Operasional, Kota Lhokseumawe.
| Item Type: | Thesis (S2) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) | 
| Divisions: | Pascasarjana > 22101 - Magister Teknik Sipil | 
| Depositing User: | S.Tr.T,MT Husnita Husnita | 
| Date Deposited: | 22 Apr 2025 08:00 | 
| Last Modified: | 22 Apr 2025 08:00 | 
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/11150 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
            
			




