Siregar, Wahyu Abadi (2024) PENGARUH PENGGUNAAN KNALPOT STANDAR DAN RACING TERHADAP KEBISINGAN SUARA PADA SEPEDA MOTOR. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
Text
Wahyu Abadi Siregar_180750040_cover.pdf Download (65kB) |
|
Text
Wahyu Abadi Siregar_180750040_Abstrak.pdf Download (67kB) |
|
Text
Wahyu Abadi Siregar_180750040_Bab I.pdf Download (124kB) |
|
Text
Wahyu Abadi Siregar_180750040_Daftar Pustaka.pdf Download (76kB) |
|
Text
Wahyu Abadi Siregar_180750040_skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Wahyu Abadi Siregar : Pengaruh Penggunaan Knalpot Standar Dan Racing Terhadap Kebisingan Suara Pada Sepeda Motor. Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan knalpot standar dan knalpot racing terhadap tingkat kebisingan suara yang dihasilkan oleh sepeda motor. Saat ini banyak pengguna sepeda motor yang ramai memodifikasi motornya dengan mengubah knalpot standar ke knalpot racing. Hal ini menimbulkan masalah dibidang transportasi, salah satunya adalah masalah polusi suara (kebisingan) yang ditimbulkan dari knalpot kendaraan. Pengujian knalpot standar dan racing di lakukan untuk mengetahui perbedaan kebisingan suara yang ditimbulkan antara knalpot standar dan racing pada sepeda motor. Dalam pengujian ini sepeda motor yang digunaan adalah Honda Supra x 125 cc tahun 2012. pengujian tingkat kebisingan menggunakan alat ukur sound level meter. Pengujian dilakukan sebanyak lima kali dengan enam rpm yang berbeda, rata rata pengujian tingkat kebisingan knalpot standar adalah rpm 1500 = 66,64 Db, rpm 2000 = 69,78 Db , rpm 2500 = 72,38 Db, rpm 3000 = 75,08 Db, rpm 3500 = 76,2 Db, rpm 4000 = 81,26 Db, sedangkan rata rata tingat kebisingan knalpot racing adalah rpm 1500 = 84,76 Db, rpm 2000 = 89,24 Db, rpm 2500 = 92,3 Db, rpm 3000 = 95,92 Db, rpm 3500 = 98,54 Db, rpm 4000 = 101,64. Dari hasil analisis didapatkan tingkat kebisingan knalpot racing lebih bising dari pada knalpot standar dan sudah melewati ambang batas maksimal yang diizinkan. Hal ini dikarenakan kurangnya peredam pada knalpot racing dibandingkan dengan knalpot standar. Kata Kunci: knalpot Racing, RPM, Sepeda Motor , Sound Level Meter, Tingkat Kebisingan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83203 - Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin |
Depositing User: | Wahyu Abadi Siregar |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 02:11 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 02:11 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/1082 |
Actions (login required)
View Item |