Zikri, Maula (2024) ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN PENGGUNA DAN DESAIN DARI APLIKASI OJEK ONLINE MAXIM DAN JUANGJEK (Studi Kasus di Kota Lhokseumawe). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text (cover)
MAULA ZIKRI_190180050_COVER.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text (abstrak)
MAULA ZIKRI_190180050_ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text (bab 1)
MAULA ZIKRI_190180050_BAB I.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text (daftar pustaka)
MAULA ZIKRI _190180050_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text (skripsi)
MAULA ZIKRI_190180050_SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Maula Zikri. 2024. Analisis Perbandingan Kepuasan Pengguna dan Desain Dari Aplikasi Ojek Online Maxim Dan JuangJek (Studi Kasus di Kota Lhokseumawe) ABSTRAK Kepuasan pengguna terus menjadi prioritas utama dalam dunia e-commerce dan menjadi factor yang sangat penting untuk kesuksesan e-commerce. Maxim dan JuangJek merupakan salah satu e-commerce yang bergerak di bidang jasa pelayanan transportasi online seperti antar-jemput, mengantar barang ataupun membeli makanan. Aplikasi Maxim dan JuangJek menjadi aplikasi yang paling terjangkau diantara aplikasi aplikasi lainnya. Namun, masih banyak keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pengguna aplikasi Maxim dan JuangJek sehingga berdampak kepada kepuasan penggunanya.Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan penggunaan dan desain dari Aplikasi Ojek Online Maxim dan JuangJek di Kota Lhokseumawe serta faktor yang menyebabkan naik dan turun tingkat kepuasan pengguna Aplikasi Ojek Online Maxim dan JuangJek di Kota Lhokseumawe dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) yang dimodifikasi dengan menambahkan variable perceived of usefulness. Populasi penelitian ini adalah pengguna aplikasi Maxim dan JuangJek di Kota Lhokseumawe dengan Teknik pengambilan sampel purposive sampling, adapun jumlah sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 5 variabel memiliki pengaruh terhadap user satisfaction. Dari hasil 6 hipotesis yang diajukan, 1 diantaranya ditolak yaitu variable content terhadap user satisfaction. Berdasarkan hasil analisis struktural model yang telah dilakukan, menunjukkan dengan nilai Coefficient Of Determination (R2) kuat yaitu 0.753, menghasilkan nilai effect size (f2) sebesar 0.373 yang berarti bahwa variabel perceived of usefulness (POU) memiliki pengaruh yang besar terhadap user satisfaction (US), begitupun dengan hasil nilai uji relative impact (q2) 0,138 yang berarti bahwa hubungan antara variabel kegunaan dan user satisfaction memiliki pengaruh relative yang kecil, dengan nilai t- test 5.088 serta nilai hasil pengujian path coefficient yang signifikan yaitu sebesar 0.45. Kata Kunci : Kepuasan Pengguna, Desain, Ojek Online, Maxim, JuangJek
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Maula maula maula |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 02:11 |
Last Modified: | 11 Mar 2025 02:11 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |