REGIA, ANGGIE (2025) GAMBARAN STRATEGI COPING STRES PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA. S1 thesis, universitas malikussaleh.
|
Text
Anggie Regia_200620125 cover.pdf Download (16kB) |
|
|
Text
Anggie Regia_200620125 abstrak.pdf Download (8kB) |
|
|
Text
Anggie Regia_200620125 bab 1.pdf Download (253kB) |
|
|
Text
Anggie Regia_200620125 dapus.pdf Download (241kB) |
|
|
Text
Anggie Regia_200620125.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam proses pembelajaran tidak semua guru dapat mengendalikan perilaku-perilaku negatif yang muncul sehingga sangat dibutuhkan strategi coping stres terutama pada guru sekolah luar biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi coping stres pada guru sekolah luar biasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan fenomenologi. Dalam penelitian ini menggunakan non-random sampling/Non-Probability sampling dan juga menggunakan wawancara semi-terstruktur. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara semi-terstruktur dengan pertanyaan terbuka namun ada batasan alur dan tema. Pengujian absahan dengan menggunakan triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan triangulasi sumber yang merupakan informan subjek berjumlah empat orang. Hasil penelitian ini mengungkapkan gambaran startegi coping stres pada guru sekolah luar biasa yang dilihat dari bentuk-bentuknya. Dari hasil keempat subjek bahwa setiap subjek menggunakan kedua bentuk strategi coping stres yaitu problem focused coping dan emotional focused coping dalam mengatasi tekanan atau tuntutan yang dialami oleh subjek. Kata Kunci: Guru Sekolah Luar Biasa, Strategi Coping Stres ABSTRACT In the learning process, not all teachers can control the negative behaviors that arise so stress coping strategies are really needed, especially for special school teachers. This research aims to find out the description of stress coping strategies in extraordinary school teachers. This research uses a qualitative method with a phenomenological approach. In this research using non-random sampling/Non-Probability sampling method and also using semi-structured interviews. Data collection techniques use semi-structured observation and interview techniques with open questions but there are flow and theme limitations. Asahan testing using triangulation techniques, time triangulation, and source triangulation which are four subject Informants. The results of this research reveal a picture of the extraordinary stress coping strategy for school teachers seen from the forms. From the results of the four subjects, each subject used both forms of stress coping strategies, namely problem focused coping and emotional focused coping in overcoming the pressure or demands experienced by the subject. Keywords: Excellent School Teacher, Stress Coping Strategy
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Fakultas Kedokteran > 73201 - Program Studi Psikologi |
| Depositing User: | Anggie Regia Sufyan |
| Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:31 |
| Last Modified: | 06 Mar 2025 02:31 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |




