iqram, muhammad (2025) EVALUASI 5 TITIK U-TURN TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN STUDI KASUS (STA 271+020 – STA 273+000, LHOKSEUMAWE). S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
cover.pdf

Download (368kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
SKRIPSI IQRAM KOLOKIUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK EVALUASI 5 TITIK U-TURN TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN STUDI KASUS (STA 271+020 – STA 273+000, LHOKSEUMAWE) Oleh : MUHAMMAD IQRAM Nim : 180110134 Pembimbing Utama : Prof. Dr. Ir. Herman Fithra, MT, IPM., ASEAN., Eng Pembimbing Pendamping : Yovi Chandra, ST., MT Ketua Penguji : Dr. Hamzani, ST., MT Anggota Penguji : Nura Usrina, ST., MT U-Turn adalah salah satu cara pemecahan dalam manajemen lalu lintas jalan arterikota. U-Turn diizinkan pada setiap bukaan median, kecuali ada larangan pada rambu lalu lintas. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengadakan penelitian Evaluasi 5 titik U-Turn terhadap kinerja arus lalu lintas pada ruas jalan agar dapat mengetahui besarnya pengaruh fasilitas U-Turn terhadap kecepatan kendaraan, baik ketika saat ada kendaraan yang melakukan U-Turn maupun tidak, sehingga dapat menjadi bahan kajian untuk menentukan kebijakan dalam mengatasinya.Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kinerja 5 titik U-Turn serta tingkat pelayanan, Untuk mengetahui karakteristik lalu lintas terhadap adanya U-Turn, waktu tempuh kendaraan saat melakukan U-Turn dan Untuk mengetahui bagaimana kondisi ruas jalan jika salah satu U-Turn ditutup terhadap tingkat pelayanan. Data primer dibutuhkan berupa data observasi lapangan dan data sekunder peta lokasi dan referensi dari penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil analisis Tingkat pelayanan untuk Kelima U-Trun jalan adalah berkisar Dj terbesar adalah 0.36 dan Dj terkecil adalah 0.29, untuk Dj tersebut masih digolongkan tingkat pelayanan Katagori B, Hasil Karakteristik U-Turn yaitu tundaan lalu lintas pada arah Aceh-Medan terbesar terjadi pada pada U-Trun C adalah 3,67 det/skr dan untuk waktu tundaan lalu lintas pada arah Medan-Aceh terkecil terjadi pada U-Trun B adalah 3,09 det/skr, hasil antrian terkecil yaitu 6 meter dan panjang antrian terbesar yaitu 11 meter dan waktu kecepatan kendaraan yang paling besar adalah terdapat pada U-Turn B dengan angka berturut turut adalah 9,01 dan 9,22 km/jam, sedangkan kecepatan terkecil terjadi di U-Turn A dengan angka 7,65 km/jam dan Tingkat Pelayana dengan merekomendasikan menutup U-Turn B mendapatkan hasil derajat kejenuhan (Dj) sebesar 0,59 dan 0,70 yang tingkat pelayanan masuk kedalam katagori C. Kata Kunci : Antrian, Derajat kejenuhan, PKJI 2014, Tingkat Pelayanan Jalan, U-Turn.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: S.T muhammad iqram
Date Deposited: 23 Apr 2025 02:54
Last Modified: 23 Apr 2025 02:54
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10291

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by