iqram, muhammad (2025) EVALUASI 5 TITIK U-TURN TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN STUDI KASUS (STA 271+020 – STA 273+000, LHOKSEUMAWE). S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
|
Text
cover.pdf Download (368kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (269kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (304kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
|
|
Text
SKRIPSI IQRAM KOLOKIUM.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK EVALUASI 5 TITIK U-TURN TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN STUDI KASUS (STA 271+020 – STA 273+000, LHOKSEUMAWE) Oleh : MUHAMMAD IQRAM Nim : 180110134 Pembimbing Utama : Prof. Dr. Ir. Herman Fithra, MT, IPM., ASEAN., Eng Pembimbing Pendamping : Yovi Chandra, ST., MT Ketua Penguji : Dr. Hamzani, ST., MT Anggota Penguji : Nura Usrina, ST., MT U-Turn adalah salah satu cara pemecahan dalam manajemen lalu lintas jalan arterikota. U-Turn diizinkan pada setiap bukaan median, kecuali ada larangan pada rambu lalu lintas. Hal inilah yang mendorong penulis untuk mengadakan penelitian Evaluasi 5 titik U-Turn terhadap kinerja arus lalu lintas pada ruas jalan agar dapat mengetahui besarnya pengaruh fasilitas U-Turn terhadap kecepatan kendaraan, baik ketika saat ada kendaraan yang melakukan U-Turn maupun tidak, sehingga dapat menjadi bahan kajian untuk menentukan kebijakan dalam mengatasinya.Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui kinerja 5 titik U-Turn serta tingkat pelayanan, Untuk mengetahui karakteristik lalu lintas terhadap adanya U-Turn, waktu tempuh kendaraan saat melakukan U-Turn dan Untuk mengetahui bagaimana kondisi ruas jalan jika salah satu U-Turn ditutup terhadap tingkat pelayanan. Data primer dibutuhkan berupa data observasi lapangan dan data sekunder peta lokasi dan referensi dari penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil analisis Tingkat pelayanan untuk Kelima U-Trun jalan adalah berkisar Dj terbesar adalah 0.36 dan Dj terkecil adalah 0.29, untuk Dj tersebut masih digolongkan tingkat pelayanan Katagori B, Hasil Karakteristik U-Turn yaitu tundaan lalu lintas pada arah Aceh-Medan terbesar terjadi pada pada U-Trun C adalah 3,67 det/skr dan untuk waktu tundaan lalu lintas pada arah Medan-Aceh terkecil terjadi pada U-Trun B adalah 3,09 det/skr, hasil antrian terkecil yaitu 6 meter dan panjang antrian terbesar yaitu 11 meter dan waktu kecepatan kendaraan yang paling besar adalah terdapat pada U-Turn B dengan angka berturut turut adalah 9,01 dan 9,22 km/jam, sedangkan kecepatan terkecil terjadi di U-Turn A dengan angka 7,65 km/jam dan Tingkat Pelayana dengan merekomendasikan menutup U-Turn B mendapatkan hasil derajat kejenuhan (Dj) sebesar 0,59 dan 0,70 yang tingkat pelayanan masuk kedalam katagori C. Kata Kunci : Antrian, Derajat kejenuhan, PKJI 2014, Tingkat Pelayanan Jalan, U-Turn.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
| Depositing User: | S.T muhammad iqram |
| Date Deposited: | 23 Apr 2025 02:54 |
| Last Modified: | 23 Apr 2025 02:54 |
| URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/10291 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |






