Fazilla, Nurul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
SKRIPSI NEW Nurul Fazilla 200710069 COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Abstrak Nurul Fazilla.pdf

Download (183kB)
[img] Text
SKRIPSI NEW Nurul Fazilla 200710069 BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
SKRIPSI NEW Nurul Fazilla 200710069 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text
SKRIPSI NEW Nurul Fazilla 200710069.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Fazilla: Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas 10 SMA Negeri 2 Sawang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 10 SMA Negeri 2 Sawang dengan sampel yang dipilih 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas10 IPAS 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan 10 IPAS 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Data diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dianalisis dengan uji normalitas data selanjutnya dilakukan uji homogenitas data dan selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Dari analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan uji normalitas ditunjukkan bahwa kelas eksperimen tidak berdistribusi normal maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji non parametrik Mann Whitney ditunjukkan bahwa kelas ekperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikan Alpha = 0.05 dengan nilai sig 0.01 < 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, Problem Based Learning (PBL).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Nurul Fazilla
Date Deposited: 14 Feb 2025 07:41
Last Modified: 14 Feb 2025 07:41
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9995

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by