Fazilla, Nurul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
SKRIPSI NEW Nurul Fazilla 200710069 COVER.pdf Download (23kB) |
![]() |
Text
Abstrak Nurul Fazilla.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NEW Nurul Fazilla 200710069 BAB I.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NEW Nurul Fazilla 200710069 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NEW Nurul Fazilla 200710069.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Nurul Fazilla: Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas 10 SMA Negeri 2 Sawang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 10 SMA Negeri 2 Sawang dengan sampel yang dipilih 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas10 IPAS 1 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan 10 IPAS 2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Data diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dianalisis dengan uji normalitas data selanjutnya dilakukan uji homogenitas data dan selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Dari analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan uji normalitas ditunjukkan bahwa kelas eksperimen tidak berdistribusi normal maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji non parametrik Mann Whitney ditunjukkan bahwa kelas ekperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikan Alpha = 0.05 dengan nilai sig 0.01 < 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, Problem Based Learning (PBL).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Fazilla |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 07:41 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 07:41 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |