Haikal, Muhammad (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL MATEMATIKA BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
SKRIPSI NEW Muhammad Haikal 200710066 COVER.pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NEW Muhammad Haikal 200710066 ABSTRAK.pdf Download (422kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NEW Muhammad Haikal 200710066 BAB I.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NEW Muhammad Haikal 200710066 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (446kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI NEW Muhammad Haikal 200710066.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
MUHAMMAD HAIKAL: Pengembangan Media Pembelajaran Visual Matematika Berbantuan Geogebra Untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran teknologi dalam proses pembelajaran, khusunya geogebra yang masih asing dikalangan guru dan siswa, Serta rendahnya kemampuan pemecahn masalah matematis siswa menjadi faktor utama penelitian dan pengembangan ini. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran visual matematika berbantuan geogebra untuk mendukung kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025 di SMAN 2 Peusangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen validasi ahli media, ahli materi, angket respon siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek penelitian yaitu siswa di SMAN 2 Peusangan. Hasil penilaian validasi ahli media dan ahli materi masing – masing diperoleh rata-rata 95,00% dan ahli materi dengan rata-rata 92,31%. Lebih lanjut hasil penilaian angket respon siswa kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata 82,37% dan mempunyai kriteria sangat valid. Hasil penilaian angket respon siswa kelompok besar diperoleh nilai rata-rata 84,29%, dan mempunyai kriteria sangat praktis. Sedangkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh nilai rata-rata 83% dan mempunyai kriteria sangat efektif. Berdasarkan uraian tersebut, hasil penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Visual Matematika Berbantuan Geogebra Untuk Mendukung Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika. Kata Kuci : Media Visual, geogebra, kemempuan Pemecahan Masalah Matematis
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Haikal |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 03:46 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 03:46 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |