Hayati, Zikral (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII MTs.S AL-MUSTAGHFIRIYYAH. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover Zikral.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
Abstrak Zikral.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
Bab 1 Zikral.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
Dapus Zikral.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
ZIKRAL HAYATI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistic terhadap Kemampuan Penalaralan matematis siswa MTs.S Almustaghfiriyyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design, dengan desain The Non-Equivalent Posttest-Only Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis siswa mengikuti pembelajaran realistik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Adapun sampel dalam penelitian ini kelas VIII/B sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran matematika realistik dan kelas VIII/A sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: nilai signifikan yang diperoleh kelas eksperimen 0.112 dan nilai signifiksn kelas kontrol 0.346. sehingga nilai dari kedua kelas tersebut lebih dari α = 0.05 (signifikan ˃ α = 0.05) maka H0 diterima. Dengan demikian ada pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dibandingkan dengan model konvensional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Hayati Zikral |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:38 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:38 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |