Sari, Nurul Mulia (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SELF EFFICACY SISWA PADA MATERI HIDROKARBON KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PEUSANGAN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (29kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Nurul Mulia Sari: Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas XI di SMA Negeri 1 Peusangan. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis media Audio Visual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan Self Efficacy siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Peusangan materi hidrokarbon pada semester ganjil tahun 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Peusangan dengan jumlah 125 siswa sedangkan yang menjadi sampel adalah dua kelas yaitu kelas XI 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas XI 4 sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal uraian (essay) dan angket self efficacy yang telah divalidasi, diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap dua kelas. Teknik analisis data yaitu melakukan uji normalitas menggunakan uji Shapiro - Wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene test dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independen Sample T Test. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Independen Sample T Test diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 Maka Ho1 ditolak dan Ha1 diterima. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis media Audio Visual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sedangkan data self efficacy menggunakan uji Independen Sample T Test diperoleh signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho2 ditolak dan Ha2 diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis media Audio Visual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk menerapkan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis media Audio Visual pada materi lainnya. Kata Kunci: Self efficacy dan kemampuan berpikir kritis, materi hidrokarbon, media audio visual, model problem based learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurul Mulia Sari
Date Deposited: 13 Feb 2025 06:37
Last Modified: 13 Feb 2025 06:37
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9965

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by