Simahara, Asyifa (2025) PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI KIMIA DAN AFEKTIF SISWA DI SMA NEGERI 1 MUARA BATU. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
COVER_SKRIPSI.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
![]() |
Text
FULL_SKRIPSI_Asyifa S.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
ASYIFA SIMAHARA: Pengaruh Model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Kemampuan Literasi Kimia dan Afektif Siswa di SMA Negeri 1 Muara Batu. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Kemampuan Literasi Kimia Dan Afektif Siswa Di Sma Negeri 1 Muara Batu. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan Pre Eksperimental Design, dengan desain intact-group comparasion. Populasi dalam penelitian ini adalah 233 orang kelas X dan sampel yang digunakan berjumlah 72 orang yang terdiri dari kelas X.1 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X.2 yang berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan observasi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes essai yang telah divalidasi dan angket afektif yang telah diadaptasi yang diberikan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap dua kelas. Teknik analisis data yaitu melakukan uji normalitas menggunakan uji Shapiro-wilk, uji homogenitas menggunakan uji Levene test, dan pengujian hipotesis menggunakan uji Independent sample t-test berbantuan software SPSS ver 27. Hasil pengujian hipotesis didapatkan data yang telah diuji normalitas berdistribusi normal dan data yang diuji homogenitas mempunyai varian yang sama atau homogen. Maka digunakan uji parametrik Independent sample t-test diperoleh signifikan 0,000 < taraf sig. (α = 0,05) ini berarti bahwa H1 diterima. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model POGIL terhadap literasi kimia. Sedangkan data afektif siswa menggunakan uji parametriks Independent sample t-test diperoleh signifikan 0,001 < taraf sig. (α = 0,05) ini berarti bahwa H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model POGIL terhadap literasi kimia dan afektif siswa di SMA Negeri 1 Muara Batu pada materi kimia hijau (Green Chemistry). Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk menerapkan model pembelajaran POGIL pada materi dan mata pelajaran lainnya. Kata Kunci: POGIL, Ekspositori, Literasi Kimia, Afektif, Kimia Hijau
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Asyifa Simahara |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 06:35 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 06:35 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |