SALAMAH, SALAMAH (2025) ANALISIS PERBANDINGAN ALGORITMA K-MEANS DENGAN K-MEDOIDS UNTUK MENENTUKAN PROGRAM STUDI. S2 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
KOVER.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
SALAMAH (227110201003).pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan fondasi utama dalam kemajuan peradaban. Tingkat Pendidikan yang tinggi di Masyarakat berbanding lurus dengan kemajuan peradaban tersebut. Pendidikan tinggi memiliki peran penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan berkontribusi terhadap Pembangunan Masyarakat dan negara. Di era informasi dan teknologi saat ini, pengolahan dan analisis data menjadi kunci dalam memahami perkembangan program studi di perguruan tinggi. Teknik clustering digunakan untuk mengidentifikasi pola dan hubungan dataset besar dan kompleks, yang penting dalam penentuan program studi di institusi Pendidikan. Penelitian ini membandingkan dua metode clustering popular, yaitu K-Means dan K-Medoids untuk menentukan program studi. Data yang digunakan adalah nilai semester ganjil dari 87 siswa kelas 3 SMA dengan 5 variabel. Pembentukan klaster berdasarkan batas minimum kriteria akademik dari 18 program studi yang mewakili 7 fakultas di Universitas Malikussaleh dan dikelompokkan ke dalam 5 klaster. Evaluasi klaster dilakukan menggunakan Davies-Bouldin Index (DBI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma K�Means menghasilkan 5 klaster dengan anggota klaster 31, 5, 13, 26 dan 17 serta nilai DBI sebesar 1,19010. Sementara itu, algoritma K-Medoids menghasilkan 3 klaster dengan anggota klaster 33, 15, 17, 17 dan 5 serta nilai DBI sebesar 1,27833. Berdasarkan nilai DBI, algoritma K-Means menunjukkan kualitas klaster yang lebih baik dibandingkan algoritma K-Medoids. Kata Kunci : Pendidikan, Clustering, K-Means, K-Medoids, Davies-Bouldin Index (DBI).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 55201 - Jurusan Teknik Informatika |
Depositing User: | salamah salamah ahmad |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 03:26 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 03:26 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |