M., Muhammad Rizal (2023) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA DI KELAS X MAS MISBAHUL ULUM PALOH. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
MUHAMMAD RIZAL M_160730003_COVER.pdf

Download (50kB)
[img] Text
MUHAMMAD RIZAL M_16073003_ABSTRAK.pdf

Download (63kB)
[img] Text
MUHAMMAD RIZAL M_160730003_BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] Text
MUHAMMAD RIZAL M_160730003_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] Text
MUHAMMAD RIZAL M_160730003_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di MAS Misbahul Ulum Paloh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment design dengan desain penelitian ini dilakukan dengan noneqivalent control group design atau nonrandomized control group.Pengambilan data dilakukan di kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 25 orang dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 25 orang. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan aplikasi Software SPSS Versi 25. Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 75, 76 dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 41, 80. Berdasarkan uji hipotesis data uji independent sample t test siswa dari tes awal dan tes akhir diperoleh nilai signifikansi 2-tailed sebesar 0.018 lebih rendah dari 0.05. Sehingga dapat diambil keputusan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di MAS Misbahul Ulum Paloh. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhammad Rizal M
Date Deposited: 11 Feb 2025 03:04
Last Modified: 11 Feb 2025 03:04
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9823

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by