FAISAL, MUHAMMAD (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
MUHAMMAD FAISAL_190730043_Cover.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD FAISAL_190730043_Abstrak.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD FAISAL_190730043_Bab I.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD FAISAL_190730043_Daftar Pustaka.pdf Download (80kB) |
![]() |
Text
MUHAMMAD FAISAL_190730043_Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada materi suhu dan kalor yang telah dikembangkan. (2) untuk mendeskripsikan respon peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning pada materi suhu dan kalor. (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning pada materi suhu dan kalor yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan R&D menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tempat penelitian dilaksanakan di MAS Ulumuddin. Subjek pada penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, 2 guru dan 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument test, lembar validasi ahli dan angket respon. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu: (1) Analisis kelayakan LKPD, (2) Analisis respon peserta didik, (3) Analisis peningkatan hasil belajar. Hasil penilaian yang diperoleh sebagai berikut: (1) kelayakan pengembangan LKPD berbasis discovery learning yang dinilai oleh ahli media berada pada kategori layak dengan kelayakan sebesar 0.89 dan ahli materi berada pada kategori sangat layak dengan kelayakan sebesar 0.91 serta penilaian guru berada pada kategori sangat layak dengan kelayakan sebesar 0.92, (2) respon peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning berada dalam kategori sangat menarik sebesar 0.90, (3) LKPD berbasis discovery learning dinyatakan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan perolehan nilai N-Gain Score sebesar 0.75 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja pesera didik berbasis discovery learning khususnya materi suhu dan kalor dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203 - Jurusan Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Muhammad Faisal |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 07:36 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 07:36 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9796 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |