Asyi, Nur (2024) KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PUSKESMAS JULOK KABUPATEN ACEH TIMUR. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
cover.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (14kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
dapus.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ASYI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kualitas adalah suatu kondisi yang menunjukkan kesesuaian antara yang di harapkan dengan kenyataan baik secara individu maupun kelompok Kualitas pelayanan tidak terlepas dari apa yang menjadi dimensi pelayanan itu sendiri yang diharapakan akan memberikan kepuasan kepada pasien. Dimensi kualitas pelayanan yang dimaksud adalah tangibles (tampilan fisisk), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan kesehatan pada Puskesmas Julok Kabupaten Aceh Timur yang kurang maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di lihat pada aspek Tanglibles (Nyata), secara Keseluruhan Fasilitas sarana dan prasarana pada Puskesmas Julok Kabupaten Aceh Timur masih belum memadai, dalam proses memberikan pelayanan medis kepada pasien masih mengalami kendala pada sarana penunjang yang yang diperlukan untuk mendukung operasional puskesmas sehingga mengakibatkan pelayanan medis menjadi kurang maksimal. Kualitas pelayanan di lihat pada aspek Responsiveness (Daya Tanggap), dalam memberikan pelayanan masih kurang baik dan Puskesmas juga mananggapi kritikan dan keluhan dari masyarakat. Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Puskesmas Julok Kabupaten Aceh Timur dapat disimpulkan upaya pihak pegawai untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara melakukan kunjugan sehat, membantu pasien melengkapi berkas dan memberikan informasi yang jelas. Upaya pihak pegawai Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan dengan cara menerima keluhan dari pasien Puskesmas Julok dan memperbaiki kesalahan yang terjadi pada pelayanan Puskesmas Julok Kabupaten Aceh Timur.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik |
Depositing User: | Asyi Nur |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 07:20 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 07:20 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9792 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |