KHAIRANI, DARATUL (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CULTURALLY RESPONSIVE TRANSFORMATIVE TEACHING (CRTT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
DARATUL KHAIRANI_190720008_Cover.pdf

Download (52kB)
[img] Text
DARATUL KHAIRANI_190720008_Abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DARATUL KHAIRANI_190720008_Bab I.pdf

Download (100kB)
[img] Text
DARATUL KHAIRANI_190720008_Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DARATUL KHAIRANI_190720008_Penerapan Model Pembelajaran CRTT Untuk Meningkatkan Hasil Kognitif Dan Minat Belajar Peserta Didik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

DARATUL KHAIRANI: Penerapan Model Pembelajaran Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) Untuk Meningkatkan Hasil Kognitif dan Minat Belajar Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan minat belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada hidrokarbon. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2023/2024 di SMA Negeri 3 Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan motode penelitian kuantitatif jenis penelitian quasy eksperiment dengan desain nonequivalent control group desain. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Lhokseumawe tahun ajaran 2023/2024 dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunkan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan pretest, posttest dan angket. Analisis data instrumen untuk mengukur kemampuan hasil belajar kognitif menggunakan soal pretest dan posttest yang sudah melalui uji prasyarat dengan nilai korelasi 0,80 – 1,00 layak digunakan, dan analisis data instrumen dalam mengukur tingkat minat belajar peserta didik menggunakan angket minat belajar peserta didik yang sudah diuji validasi pada ahli, dan hasil uji validasi ahli untuk angket minat belajar peserta didik diperoleh 15 pernyataan angket dengan kesimpulan layak digunakan. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan software SPSS 22. Hasil pengujian hasil belajar kognitif kelas eksperimen dan kontrol menggunakan independent sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dan pengujian angket minat belajar peserta didik kelas eksperimen dan kontrol dari hasil uji Independent Sample T -Test diketahui bahwa nilai Sig (2-tailed) terhadap minat belajar peserta didik peserta didik 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT) mampu meninngkatkan hasil kognitif dan minat belajar peserta didik. Kata Kunci:, Culturally Responsive Transformative Teaching (CRTT), Hidrokarbon, Kognitif, Minat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Daratul Khairani
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:51
Last Modified: 23 Feb 2024 03:51
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/978

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by