Hasibuan, Bintang Putra Finula Bahari (2025) Analisis Kerusakan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga Berbasis Geographic Information System (GIS) (Studi Kasus Jalan By Pass Kota Padangsidimpuan Km 2 - Km 4). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover Bintang.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
BAB I Bintang.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka Bintangpdf.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
BINTANG PUTRA FINULA BAHARI HASIBUAN (200110148).pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Jalan By Pass Kota Padangsidimpuan termasuk kedalam system jaringan jalan arteri sekunder, yang berfungsi untuk melayani pergerakan lalu lintas dalam skala wilayah peerkotaan dan mendukung distribusi dari jalan arteri primer ke wilayah lokal. Dalam upaya mengurangi kerugian yang dirasakan oleh pengguna jalan yang disebabkan oleh kualitas jalan yang buruk maka, diperlukan evaluasi kerusakan jalan menggunakan perbandingan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan metode Bina Marga untuk mengetahui kondisi jalan tersebut apakah masih dalam keadaan baik atau perlunya program peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan secara berkala. Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan By Pass Kota Padangsidimpuan dengan tujuan untuk mengidentifikasi tipe dan jenis-jenis kerusakan, mengevaluasi kerusakan perkerasan serta menentukan biaya perbaikan terhadap tingkat kerusakan. Berdasarkan hasil analisis diketahui kondisi perkerasan dengan menggunakan nilaiPavement Condition Index (PCI) dan Bina Marga pada ruas jalan By Pass Kota Padangsidimpuan. Hasil persentase tertinggi untuk nilai PCI sebesar 28% pada ratting Excellent, 23% pada ratting failed, 15% untuk ratting very poor dan poor, 10% pada ratting good, 8% pada ratting very good, 3% pada ratting fair. Dan untuk metode Bina Marga didapatkan persentase tertinggi adalah perbaikan pemeliharaan rutin sebesar 78%, 22% untuk pemeliharaan berkala dan 0% untuk program penigkatan. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan solusi dan perbaikan kerusakan perkerasan dari kedua metode adalah program peningkatan. Biaya perbaikan terhadap tingkat kerusakan diperoleh sebesar Rp.2.940.386.218,01
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Bintang Putra Finula Bahari Hasibuan |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 07:05 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 07:05 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9754 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |