ASNI, HAYATUL (2025) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA N 1 SYAMTALIRA BAYU. S1 thesis, universitas malikussaleh.

[img] Text
HAYATUL ASNI_200710041- cover.pdf

Download (211kB)
[img] Text
HAYATUL ASNI_200710041- abstrak.pdf

Download (328kB)
[img] Text
HAYATUL ASNI_200710041 bab 1.pdf

Download (622kB)
[img] Text
HAYATUL ASNI_200710041 dapus.pdf

Download (451kB)
[img] Text
HAYATUL ASNI_200710041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Hayatul Asni: Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikussaleh, 2024 Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa disebabkan kurangnya penggunaan pendekatan pembelajaran, dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Oleh sebab itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajara, salah satunya pendekatan pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan kemandirian belajar siswa pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas X SMA N 1 Syamtalira Bayu. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen design dengan jenis penelitian kuantitatif. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest-only group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan sampel yang dipilih 2 kelas dari 7 kelas yang tersedia. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIPA-1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan kelas X MIPA-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvesional. Soal posttest sebanyak 4 butir soal uraian diberikan kepada 22 siswa dikelas eksperimen dan 22 siswa dikelas kontrol di SMA N 1 Syamtalira Bayu. Adapun analisis data yang dilakukan untuk tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan uji non parametrik Mann Whitney karena ada data yang tidak berdistribusi normal. Kemudian data diolah menggunakan Software SPPS versi 25 for window. Hasil Mann Whitney diperoleh nilai asymp sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kemudian untuk analisis angket kemandirian dilakukan menggunakan uji t dengan teknik independent sample t-test ditunjukkan bahwa pada signifikan α = 0.05 dengan nilai sig 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima berarti terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Hayatul Asni
Date Deposited: 06 Feb 2025 08:31
Last Modified: 06 Feb 2025 08:31
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9706

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by