Safitri, Diyah Ayu (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASSESMENT HIGHER ORDER THINKING SKILL MATEMATIKA DI SMP KELAS VIII. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover Skripsi Diyah.pdf Download (46kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK Diyah.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN Diyah.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA Diyah.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
DIYAH AYU SAFITRI.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
DIYAH AYU SAFITRI : Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill Matematika di SMP Kelas VIII. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Malikusaaleh, 2024. Instrumen asesmen adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi untuk mengungkap kondisi subjek yang akan diakses atau dinilai. Pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas, banyak guru yang belum menerapkan soal berbentuk HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan instrumen asesmen higher order thinking skill matematika di kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan, dengan model pengembangan yaitu model 4D (define, design, develop, dessiminate). Waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 di SMP Negeri 2 Langkahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yang digunakan yaitu wawancara, angket dan soal tes berbasis HOTS. Subjek penelitian meliputi ahli materi, ahli soal, peserta didik kelompok kecil, dan peserta didik kelompok besar. Desain uji coba yaitu kelompok kecil dengan 8 peserta didik kelas IX dan uji kelompok besar dengan 22 peserta didik kelas VIII. Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata 79,5% dengan kriteria valid dan ahli soal diperoleh rata-rata sebesar 80,83% dengan kriteria valid. Hasil instrumen asesmen HOTS memperoleh reliabititas 0,740 dengan kriteria tinggi. Hasil tes soal berbasis HOTS dinyatakan tidak efektif. Berdasarkan uraian tersebut hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen asesmen higher order thinking skill matematika di SMP kelas VIII dinyatakan valid, reliabel, dan tidak efektif digunakan untuk mengukur HOTS peserta didik pembelajaran matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Kata Kunci: Instrumen, Asesmen, HOTS, SPLDV
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Diyah Ayu Safitri |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 06:43 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 06:43 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |