CHAIRANI, RIZA CHOURULLIAH (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK PADA SUB MATERI STRUKTUR ATOM. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI RIZA.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK RIZA.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN RIZA.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA RIZA.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI RIZAA[1].pdf Download (9MB) |
Abstract
Riza Chourulliah Chairani: Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Pada Sub Materi Struktur Atom. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kimia peserta didik menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Lhokseumawe pada sub materi struktur atom semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan quasi experimental design, dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 159 orang kelas X IPAS dan sampel yang digunakan berjumlah 61 orang yang terdiri dari kelas X IPAS 3 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPAS 4 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil tes dan observasi. Teknik penggumpulan data yaitu tes berupa pretest dan posttest untuk menggumpulkan data hasil belajar kognitif dan non tes yaitu lembar observasi untuk mengumpulkan data hasil belajar afektif dan psikomotorik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest dan posttest yang telah divalidasi dan lembar observasi yang telah diadaptasi diberikan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap dua kelas. Teknik analisa data yaitu menggunakan uji NGain, uji normalitas menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji homogenitas mengggunakan uji Levene, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data hasil uji independent sample ttest pada hasil belajar kognitif diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.005. Pada hasil belajar afektif diperoleh nilai sig. (2-tailed) kelas eksperimen sebesar 0.002 < 0.005 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.003 < 0.005. Pada hasil belajar psikomotorik diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0.004 < 0.005. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya yaitu terdapat peningkatan hasil belajar kimia peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di kelas X SMA Negeri 5 Lhokseumawe pada sub materi struktur atom. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk menerapkan model pembelajaran PjBL pada materi dan mata pelajaran lainnya. Kata Kunci: PjBL, Ekspositori, Hasil Belajar, Struktur Atom
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Riza Chourulliah Chairani |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 08:41 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 08:41 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9639 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |