Alawiyah, Mufidah (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN SOFTWARE WINGEOM TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
cover skripsi mufidah.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK mufidah.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN mufidah.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA mufidah.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
FIXS SKRIPSI MUFIDAH ALAWIYAH untukcetak.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Mufidah Alawiyah: Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Software Wingeom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh, 2024. Penyebab rendahnya kemampuan penalaran matematis peserta didik antara lain adalah penggunaan model pembelajaran konvensional yang masih digunakan guru dalam proses pembelajaran, dan minimnya pemanfaatan teknologi. Oleh karena itu diberikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Software Wigeom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Software Wingeom terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group posttest only-design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Aceh Utara. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan terpilih kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Tes yang digunakan berupa posttest untuk melihat kemampuan penalaran matematis peserta didik dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji non parametrik yaitu uji Mann Withney U-test berbantuan Software SPSS Versi 22 dengan taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis data posttest kemampuan penalaran matematis peserta didik, didapat asymp sig. 0,000. Berdasarkan kriteria uji hipotesis data, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Software Wingeom terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Kata kunci: Kemampuan Penalaran matematis Peserta Didik, Think Pair Share, Wingeom
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202 - Jurusan Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mufidah Alawiyah |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 05:06 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 05:06 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |