Amaliyah, Rizka Nurul (2024) IMPLEMENTASI LMS UNTUK OPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN DAN EVALUASI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 14 MEDAN. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (172kB) |
![]() |
Text
Full-text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Learning Management System (LMS) guna mengoptimalkan proses pembelajaran dan evaluasi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 14 Medan. LMS merupakan sistem pengelola pembelajaran yang memungkinkan terciptanya lingkungan belajar virtual yang interaktif dan efektif. Dalam era digital saat ini, pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan menjadi sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan sistem waterfall, yang terdiri dari tahapan komunikasi, perencanaan, permodelan, konstruksi, dan implementasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sistem LMS yang dikembangkan mencakup berbagai fitur seperti halaman beranda, registrasi, login, dashboard, serta halaman khusus untuk siswa, guru, dan orang tua. Selain itu, terdapat juga fitur untuk manajemen kelas, jadwal, absensi, kuis, tugas, materi, e-book, dan pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi LMS di SMKN 14 Medan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode Black Box Testing dan Usability Testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem berfungsi dengan baik dan diterima dengan baik oleh pengguna. Responden menyatakan bahwa LMS ini mudah digunakan, menarik, dan membantu dalam manajemen pembelajaran. Kesimpulannya, implementasi LMS di SMKN 14 Medan berhasil mengoptimalkan proses pembelajaran dan evaluasi. LMS ini tidak hanya memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa, tetapi juga memungkinkan orang tua untuk memantau perkembangan belajar anak mereka. Dengan demikian, LMS ini dapat menjadi model yang efektif untuk diterapkan di sekolah-sekolah lain guna meningkatkan kualitas pendidikan. Kata Kunci : Learning Management System, Website, Sistem
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi |
Depositing User: | Rizka Nurul Amaliyah |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 04:52 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 04:52 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9598 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |