Annurrahmi, Aliffa (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP LAYANAN RAWAT INAP PUSKESMAS KECAMATAN JULOK KABUPATEN ACEH TIMUR MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI). S1 thesis, Universitas Malikussaleh.

[img] Text
Cover.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)
[img] Text
full-text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan faktor penting dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan setiap masyarakat Indonesia. Puskesmas sebagai penyelenggara upaya kesehatan tingkat pertama memiliki tanggung jawab dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat. Pelayanan yang kurang maksimal dapat mengurangi jumlah pasien yang berkunjung per-tahun. Oleh karena itu peningkatan kualitas pelayanan diperlukan dalam upaya menarik pasien untuk berobat di UPTD Puskesmas Julok. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 100 kuisioner dan dilakukan perhitungan dengan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Metode Importance and Performance Analysis (IPA) bertujuan untuk mengetahui nilai tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan yang kemudian dilakukan plotting dengan menggunakan Diagram Kartesius. Dilanjutkan pada metode Customer Satisfaction Index (CSI) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh. Dari hasil perhitungan metode Importance Performance analysis (IPA) memiliki nilai tingkat kesesuaian sebesar 96,18% dan pada diagran kartesius dari 23 atribut terdapat 3 atribut yang memerlukan perbaikan dan peningkatan yaitu atribut nomor 19,22 dan 23. Hasil perhitungan metode Customer Satisfaction Index (CSI) UPTD Puskesmas Julok mendapatkan skor 85,45% menunjukkan bahwa pasien Puskesmas Julok merasa “sangat puas” dikarenakan skor berada pada rentang skala 81% sampai dengan 100%, jadi dapat dikatakan bahwa kinerja dari Puskesmas Julok sudah sangat bagus, akan tetapi pihak puskesmas harus tetap meningkatkan kualitas pelayanan rawat inap khususnya pada atribut yang nilai pelayanannya kurang dan dapat mempertahankan atribut yang sangat penting adan sangat memuaskan supaya dapat meningkatkan kepuasan terhadap pelayanan puskesmas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > 57201 - Jurusan Sistem Informasi
Depositing User: Aliffa Annurrahmi
Date Deposited: 06 Feb 2025 06:21
Last Modified: 06 Feb 2025 06:21
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9585

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by