Putra, Maulidan (2025) KAJIAN EFEKTIVITAS HALTE ANGKUTAN UMUM OLEH PENGGUNA TRANSPORTASI UMUM DI KOTA LHOKSEUMAWE. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (95kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (19kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
Full-Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pengaturan prasarana halte harus sesuai dengan kebutuhan. Pada kenyataannya, banyak halte yang tidak dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat umum karena penempatannya yang tidak sesuai. Di lain pihak, banyak pula halte yang tidak berfungsi karena kondisinya yang sudah rusak dan posisinya yang jauh dari pusat aktivitas sehingga tidak digunakan oleh para calon penumpang, hal inilah yang menjadi permasalahan di Kota Lhokseumawe dan akan dianalisa oleh penulis, yaitu mengenai efektivitas dari setiap halte di Kota Lhokseumawe dari perspektif pengguna dan peraturan yang berlaku. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah scoring, deskriptif spasial, dan Importance Performance Analysis (IPA). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasional survei dan kuesioner. Hasil penelitian ini yang didapat Sebanyak 2 halte termasuk dalam kategori efektivitas tinggi dengan persentase 12,50%, sedangkan 7 halte berada pada tingkat efektivitas sedang dengan persentase 43,75%. Adapun 7 halte lainnya memiliki efektivitas rendah dengan persentase 43,75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa mayoritas halte belum sepenuhnya sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan. Berdasarkan analisis Importance Performance Analysis (IPA) terdapat 2 komponen yang berada didalam kuadran I yaitu tidak mudahnya menjumpai halte di dekat fasilitas publik dan lampu penerangan halte, yang berarti Masyarakat tidak puas terhadap 2 komponen tersebut. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menurut persepsi masyarakat, kedua komponen tersebut belum efektif dan perlu diperbaiki untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengguna transportasi publik. Perbaikan pada aspek tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan efektivitas dan pelayanan halte.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Fakultas Teknik > 22201 - Jurusan Teknik Sipil |
Depositing User: | Maulidan Putra |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 02:48 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 02:48 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |