SAFRINA, SAFRINA (2024) KLASIFIKASI SENTIMEN KONSUMEN ONLINE SHOP INSTAGRAM DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.
![]() |
Text
Cover Skripsi.pdf Download (63kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
Skripsi Safrina FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Fasilitas dalam kegiatan Bisnis Jual Beli masyarakat sekarang menggunakan teknologi model bisnis e-commerce. Salah satu faktor yang mendorong peningkatan bisnis secara digital adalah penggunaan media sosial salah satunya Instagram yang merupakan sosial media yang paling populer sekarang karena memiliki fitur khusus untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan banyak digunakan oleh publik figur yang memiliki keunggulan dan kemampuan untuk menarik perhatian konsumen serta berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Seiring bejalannya waktu terutama dalam bidang bisnis jual beli, penggunaan Istagram tidak hanya digunakan sebagai tempat bercerita maupun mengunggah foto tetapi juga dapat digunakan untuk kegiatan jual beli secara online atau biasa disebut Online shop (Olshop). Oleh karena itu Instagram juga tidak asing dengan komentar-komentar positif maupun negatif yang terdapat pada ulasan online jelas mencerminkan persepsi penggunaan tentang berbagai jenis layanan dan produk yang ada. Selain itu pelanggan berpotensial yang membaca ulasan online dapat secara signifikan terpengaruh oleh sentiment dari ulasan yang tertera pada kolom komentar. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi komentar-komentar untuk mengetahui mana yang positif maupun negatif. Metode Naïve Bayes adalah salah satu metode yang cocok diterapkan pada penelitian ini. Metode Naive Bayes bekerja dengan menghitung kemungkinan bahwa masing-masing kelompok atribut ada dan menentukan kelas mana yang paling cocok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengklasifikasi komentar konsumen Online shop Instagram dengan menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Hasil implementasi pada sistem nantinya dapat membantu owner online shop untuk dapat membedakan secara akurat komentar berupa respon positif maupun negatif. Pada penelitian ini data yang di inputkan adalah 10 data komentar dan 1 data uji. Hasil dari pengujian ini dari data uji kata barang, Top, selamat dan sampai, menghasilkan berupa respon positif dengan nilai 1.7865E-06. Kata kunci: Instagram, Naïve bayes, Online Shop.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > 55201 - Jurusan Teknik Informatika |
Depositing User: | Safrina Fina Safrina |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 04:01 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 04:01 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |