LARASATI, DEWI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA GOOGLE SITES TERINTEGRASI KONTEKSTUAL KELAS XI. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Bab I .pdf

Download (141kB)
[img] Text
Daftarpustaka.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Full_teks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau bisa disebut Research and Development (R&D). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui validitas media pembelajaran kimia google sites terintegrasi kontekstual kelas XI semester ganjil, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran kimia google sites terintegrasi kontekstual kelas XI semester ganjil, dan 3) mengetahui respon siswa pada media pembelajaran kimia google sites terintegrasi kontekstual kelas XI semester ganjil. Model yang digunakan dalam pengembangan produk pasa model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang memiliki 5 tahapan pengembangan. Tahapan pertama dalam model ADDIE adalah Analysis, pada tahapan ini peneliti melakukan analisis masalah, kebutuhan dan materi dengan melakukan observasi dan wawancara terhadap guru mata pelajaran kimia di SMA Negeri 6 Lhokseumawe. Tahap berikutnya adalah tahap Design, pada tahap ini dilakukan pengumpulan bahan-bahan yang diperlukan dalam pengembangan media kemudian dilakukan kegiatan pendesainan awal. Desain awal meliputi pembuatan mulai dari pembuatan (storyboard) desain media secara keseluruhan, pembuatan background, gambar dan tombol yang akan disertakan dalam media. Tahap berikutnya adalah tahap Development pada tahap ini meliputi tahap pembuatan media pembelajaran, tahap validasi materi dan media dengan 2 dosen, tahap revisi dan tahap uji coba kelayakan dengan 2 guru kimia serta uji coba ke siswa untuk mengetahui respon mereka terhadap media. Hasil penelitian menunjukkan data validasi oleh 2 ahli yaitu ahli media sebesar 89% dengan kategori “sangat valid”, ahli materi 97,5% dengan kategori “sangat valid”, data kelayakan dengan 2 guru kimia sebesar 97,6% dengan kategori “sangat layak” serta data respon siswa terhadap media sebesar 91,7% dengan kategori “sangat menarik” sehingga produk yang dihasilkan yaitu media pembelajaran kimia google sites terintegrasi kontekstual yang valid, layak dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran kimia di kelas XI semester ganjil.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Dewi _ Larasati
Date Deposited: 24 Jan 2025 03:57
Last Modified: 24 Jan 2025 03:57
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9432

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by