Mauliya, Nur (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Struktur Atom Di SMA Negeri 1 Muara Batu. S1 thesis, Universitas Malikussaleh.
![]() |
Text
Cover .pdf Download (34kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
Skripsi Nur Mauliya.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Nur Mauliya: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi struktur atom di SMA Negeri 1 Muara Batu. Program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Malikussaleh, 2024 Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk: (1) mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi struktur atom di SMA Negeri 1 Muara Batu berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi. (2) mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan pernilaian pendidik. (3) untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau research and development (R&D) dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada penelitian ini hanya dilaksanakan sampai pada tahap development, yang mencakup validasi produk, uji kelayakan, dan uji tanggapan peserta didik. Analisis, pengembangan bahan ajar yang didasarkan pada analisis masalah, kebutuhan dan materi. Desaign, bertujuan untuk menghasilkan desain awal dari bahan ajar yang dikembangkan. Development, terdiri dari tahap validasi produk, tahap uji coba kelayakan produk dan tahap uji coba respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunujukkan bahwa: (1) berdasarkan uji validitas dari validator ahli media, bahan ajar memperoleh rata-rata persentase sebesar 91.4% dengan kategori ‘’sangat valid’’ dan ahli materi, bahan ajar memperoleh rata-rata persentase sebesar 84.3% dengan kategori ‘’sangat valid’’, (2) berdasarkan uji kelayakan dari guru, bahan ajar memperoleh rata-rata persentase sebesar 85% dengan kategori "sangat layak", (3) berdasarkan tanggapan perserta didik terhadap penggunaan bahan ajar yang dikembangkan, diperoleh persentase rata-rata sebesar 91% dengan kategori "sangat menarik’’, Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL), Bahan ajar, ADDIE
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204 - Jurusan Pendidikan Kimia |
Depositing User: | liya NM nur |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 01:45 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 01:45 |
URI: | https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9377 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |