LUBIS, FITRI ARDINA (2024) PELAYANAN KESEHATAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT KELAS D PASAMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS MALIKUSSALEH.

[img] Text
cover.pdf

Download (23kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (66kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (155kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (66kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan kesehatan yang berkualitas merupakan hak setiap warga negara. Di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Rumah Sakit Kelas D Pasaman bertanggung jawab menyediakan layanan rawat inap yang optimal. Namun, terdapat keluhan masyarakat mengenai kualitas layanan rawat inap, mencakup aspek ketersediaan fasilitas, peralatan medis, dan kompetensi tenaga medis. Fenomena ini mendorong penelitian ini, yang bertujuan untuk mengungkap bentuk pelayanan kesehatan rawat inap di Rumah Sakit Kelas D Pasaman dan mengidentifikasi hambatan dalam meningkatkan kualitasnya. Fokus penelitian diarahkan pada implementasi lima determinan kualitas pelayanan publik (Parasuraman, Zeithaml, dan Berry, 1988) dalam pelayanan rawat inap, meliputi keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati, dan aspek berwujud, serta hambatan yang dihadapi, seperti keterbatasan fasilitas dan sumber daya. Penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif analisis ini melibatkan wawancara mendalam dengan kepala rumah sakit, staf bagian rawat inap, bagian umum, dan resepsionis, serta empat pasien. Data juga diperkaya melalui observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Kelas D Pasaman berupaya menerapkan lima determinan kualitas tersebut dalam meningkatkan mutu pelayanan rawat inapnya. Keandalan diwujudkan melalui penerapan SOP, ketanggapan terlihat dari respon cepat terhadap kebutuhan pasien, keyakinan dibangun melalui kompetensi tenaga medis, empati ditunjukkan melalui sikap peduli dan dukungan kepada pasien, dan aspek berwujud diperhatikan dengan menjaga kebersihan dan kelengkapan fasilitas. Namun, hambatan terkait keterbatasan jumlah kamar rawat inap dan dokter spesialis masih dihadapi. Kata Kunci: Pelayanan Kesehatan, rawat inap, Rumah Sakit Kelas D Pasaman, kualitas pelayanan, hambatan pelayanan, lima determinan kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201 - Jurusan Administrasi Publik
Depositing User: FITRI ARDINA LUBIS
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:07
Last Modified: 20 Jan 2025 07:07
URI: https://rama.unimal.ac.id/id/eprint/9278

Actions (login required)

View Item View Item

Latest Collections

Top Downloaded Items

Top Authors

This repository has been indexed by